blank
Pembangunan jalan dan saluran di Jalan Hasanudin, Semarang Utara. Foto: HP

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Anggota DPRD Kota Semarang mengapresiasi proses pengerjaan sejumlah infrastruktur di sejumlah lokasi di Kota Semarang, terlebih mendekati akhir tahun dan mulai masuk musim hujan.

Wakil rakyat dari Komisi C DPRD Kota Semarang, Joko Santoso, menilai apa yang dilakukan Pemkot Semarang melalui dinas terkait sudah sesuai seperti yang diharapkan dalam hal peningkatan infrastruktur, baik jalan maupun drainase.

Misalnya seperti Jalan Hasanuddin yang dinaikkan dengan dicor beton. “Seperti (pembangunan) yang di Jalan Hasanudin itu untuk peningkatan infrastrukturnya itu mulai terlihat, kemarin saya lihat sedang tahap pembangunan dengan konstruksi beton,” katanya saat dihubungi, Minggu (22/10/2023).

Politisi Partai Gerindra ini mengatakan, pascapandemi dengan kendala refocusing anggaran pembangunan infrastruktur, saat ini fokus perhatian Pemkot Semarang mulai menonjol, khususnya dalam hal percepatan pembangunan infrastruktur.

“Memang di daerah Semarang Utara rawan banjir karena tiap tahun muka tanah mengalami penurunan dan ini juga menjadi perhatian Pemkot Semarang,” katanya.

Meski begitu, dia mendorong Pemkot Semarang dapat meluaskan jangkauan untuk perbaikan sarana dan prasarana (sarpras). Termasuk pematangan anggaran yang perlu didukung maksimal.

“Memang bertahap fokusnya. Kami mendorong agar dilakukan secara bersamaan. Pembangunan itu tidak hanya satu jalur, tetapi juga skala besar,” ujarnya.

Di sisi lain, Joko Santoso juga memuji Pemkot Semarang yang responsif terkait aduan jalan rusak. Walikota menurutnya amat sigap dan progresif menerima laporan dari masyarakat.

Dia mencontohkan penanganan perbaikan konstruksi jalan di ruas Jalan MT Haryono yang bergelombang karena akar pohon. “Cukup bagus dan progresif, ketika melihat jalan rusak seperti di Jalan Mataram (Jalan MT Haryono-red) itu sudah diperbaiki. Kemarin konturnya bergelombang karena akar-akar pohonnya,” ujarnya.

Sebagai legislator, Joko berharap agar Pemkot Semarang selalu terbuka menerima masukan dan saran dari masyarakat. Menurutnya, pembangunan bisa dilakukan secara baik apabila melibatkan rakyat.

“Kepada masyarakat mohon bisa menggunakan jalan sebaik-baiknya sesuai dengan fungsi dan marilah merawatnya.

Hery Priyono