Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (berdiri kedelapan dari kanan) fto bersama dengan pimpinan dan pengasuh Madin Fathul Ulum.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Milad satu dekade digelar oleh Madrasah Diniyah (Madin) Fathul Ulum, Dusun Blimbing, Desa Ngadirejan, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Kegiatan ini, dirangkaikan dengan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2023.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, ikut hadir dalam acara Milad 10 tahun Madin Fathul Ulum tersebut. Untuk memeriahkannya, panitia menggelar Sholawat Maulid Nabi Muhammad SAW. Juga menyelenggarakan pengajian umum dengan menghadirkan penceramah Ketua Tanfidziyah PCNU Pacitan, H Sutrisno.

”Alhamdulillah, senang menyaksikan Madin Fathul Ulum semakin maju, bangunannya baik, santrinya juga banyak,” ujar Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji. Ini, tambah Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan), adalah aset bagi Desa Ngadirejan, bagi Kecamatan Pringkuku dan juga bagi Kabupaten Pacitan.

Hari Minggu (22/10) besok, merupakan Hari Santri Nasional (HSN). HSN, ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor: 22 Tahun 2015. Panduan pelaksanaan HSN 2023, tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama No: 10 Tahun 2023.

Peringatan HSN Tahun 2023 mengambil tema ”Jihad Santri Jayakan Negeri.” Ini untuk mengingatkan kita akan semangat perjuangan para santri dalam membangun kejayaan negeri.

Peringatan HSN dilatarbelakangi oleh usulan masyarakat pesantren, sebagai momentum untuk mengingat, mengenang, dan meneladani kaum santri, yang telah memperjuangkan kemerdekaan pada masa silam.
Bambang Pur