blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (PkM FE USM) memberikan edukasi pengelolaan keuangan masjid kepada 16 pengelola (takmir) masjid As-Salam di Jalan Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang pada 15 Oktober 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (PkM FE USM) memberikan edukasi pengelolaan keuangan masjid kepada 16 pengelola (takmir) masjid As-Salam di Jalan Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang pada 15 Oktober 2023.

Kegiatan PkM ini didanai Universitas Semarang. Tim PkM USM terdiri atas Ketua C. Tri Widiastuti, SE., MM., Rr. Lulus Prapti, NNS., SE., M.Si dan Nuria Universari, SE., M.Sc. Kegiatan PkM ini juga melibatkan mahasiswa FE USM yakni Maghfirotun Arifah dan Nur Aina Sabilla Faza.

Tri Widiastuti mengatakan, masjid sebagai salah satu organisasi sektor publik yang tergolong organisasi nirlaba (non profit oriented), harus mengelola keuangan dengan baik, teratur dan transparan sehingga meningkatkan kepercayaan donatur dan jemaah masjid.

”Kegiatan ini fokus memberikan edukasi tentang pentingnya membuat laporan keuangan masjid khususnya membuat keuangan menggunakan excel kepada pengelola (takmir) masjid As Salam,” katanya.

Dia berharap, pengelolaan keuangan lebih tertib dan rapi pencatatan keuangannya serta ke depan transparansi dan akuntabilitas keuangan dapat terwujud.

Selama kegiatan edukasi, pengelola masjid As Salam Mugassari sangat antusias. Mereka memperhatikan secara saksama materi yang diberikan oleh narasumber.

”Penyampaian materi terkait penyusunan laporan keuangan dengan menggunakan excel sangat bermanfaat bagi pengelola masjid As Salam Mugassari dan data akan lebih akurat dan proses akan lebih mudah,” ungkap Tri.

Muhaimin