blank
Rapat pengurus PWI yang dilakukan di Gedung Pers, membahas dua agenda penting, pelaksanaan UKW dan persiapan HPN 2024. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah, kembali bersinergi dengan SKK Migas Jabanusa, guna melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), dalam upaya memperkuat kapasitas dan kompetensi wartawan di Jateng.

UKW direncanakan berlangsung selama dua hari, 23-24 November 2023, di Semarang. UKW kali ini adalah kali keempat yang digelar PWI Jateng bekerja sama dengan SKK Migas Jabanusa.

Ketua PWI Jateng, Amir Machmud NS, menyampaikan apresiasinya kepada SKK Migas Jabanusa, yang selama ini getol memberikan support kepada PWI Jateng, dalam program uji kompetisi untuk mencetak SDM wartawan yang bermartabat dan profesional.

BACA JUGA: Relawan Gibran Kudus; Putusan MK adalah Kemenangan bagi Generasi Muda

Menurut dia, UKW merupakan sarana meningkatkan bekal mereka dalam menyikapi dan menghadapi tantangan dalam menjalani profesinya. Dia ingin output dari kegiatan itu, mampu menciptakan dampak positif bagi peningkatan kompetensi wartawan, terutama bagi peningkatan standar pemberitaan.

”Saat sebuah profesionalisme makin jadi tuntutan, maka upaya-upaya peningkatan kemampuan diri, harus masif dilakukan. UKW akan melahirkan wartawan yang teruji dan patuh kode etika dan UU Pers,” katanya, usai memimpin Rapat Panitia UKW dan HPN di Gedung Pers Jateng, Semarang, Senin (16/10/2023).

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Ketua PWI Bidang Pendidikan Solikun, Wakil Ketua PWI Bidang Kesra Bakti Yudatama, Sekretaris Setiawan Hendra Kelana, Ketua Badan Khusus UKW PWI Jateng R Widiyartono, dan sejumlah pengurus.

BACA JUGA: Anggota DPR RI Vita Ervina: Kelestarian Hutan untuk Masa Depan Bersama

UKW yang digelar PWI dan SKK Migas ini, diikuti 24 wartawan dengan mengujikan kategori Wartawan Muda, Wartawan Madya dan Wartawan Utama. Peserta berasal dari Kota Semarang, Kabupaten Grobogan, Pemalang, Brebes, Rembang, Jepara, dan Banjarnegara.

Ditambahkan Amir, selain mematangkan persiapan UKW, PWI juga sudah ancang-ancang mengagendakan acara peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024.

Mengingat kegiatan HPN sudah masuk pada tahun politik, maka rangkaian acara menyesuaiakan dengan tema-tema yang berkaitan dengan Pesta Demokrasi, yaitu seputar Pilpres, Pileg, dan Pemilukada.

BACA JUGA: 20 Truk Tangki Air Bantuan Korpri Jepara Disalurkan,

Sementara itu, Ketua Panitia HPN 2024, Bakti Yudatama menjelaskan, kegiatan HPN yang digelar antara lain, Dialog 5 Rektor di USM, dengan mengangkat tajuk ‘Memilih Pemimpin dengan Bertanggungjawab’, dan bazar UMKM.

Selain itu, kata Yuda, ada sejumlah agenda yang sudah merupakan tradisi yang selalu dilakukan, setiap memperingati HPN, yaitu Khataman Alquran Ashabul Kahfi, ziarah kubur ke makam wartawan, dan tasyakuran HPN di Gedung Pers.

Riyan