blank
Ribuan warga masyarakat se-Jateng mendatangi GOR Jatidiri dalam rangka mendukung Gibran Rakabuming Raka maju Cawapres. Foto: HP

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ribuan simpatisan Gibran Rakabuming Raka datang memenuhi GOR Jatidiri untuk memberikan dukungan kepada Wali kota Surakarta tersebut menjadi calon wakil presiden (cawapres).

Ribuan simpatisan Gibran ini datang menggunakan bus, yang datang selain dari Kota Semarang, juga datang dari daerah-daerah lain se-Jawa Tengah, seperti dari Demak, Kudus, Cilacap, Banyumas, Pekalongan, Pemalang, Blora, Pati, dan kabupaten kota lainnya.

Ketua Relawan Bala Gibran yang juga menjadi juru bicara acara Jateng Bergerak tersebut, Ellen Kurnialis, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan syukuran dan dorongan bagi Gibran menjadi Cawapres dengan Prabowo.

“Ini murni inisiasi warga mendukung Gibran, kami sudah ada rencana buat ini bahkan sebelum adanya putusan MK, Alhamdulillah putusan MK berpihak dan selaras dengan yang kita inginkan. Kami mendukung Gibran jadi cawapres Prabowo Subianto, terlepas Gibran nanti ada di partai apapun,” katanya.

Terpisah, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang yang hadir dalam kegiatan tersebut menerjunkan 30 personel guna mengawasi dan memantau segala potensi pelanggaran di luar masa kampanye.

“Sejak siang kami ada 30 orang yang mengawasi jalannya acara untuk mengawasi adanya pelanggaran. Karena ini bukan masuk masa kampanye,” kata Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kota Semarang, Silvania Susanti.

Pihak Bawaslu Kota Semarang mengawasi kegiatan terkait atribut yang dipakai peserta selama acara berlangsung, seperti bendera partai, kaos partai politik, dan atribut lainnya yang sekiranya mengandung unsur politik.

“Yang jelas kalau ada yang ketahuan pakai atribut, langsung kami suruh lepas. Karena itu melanggar, belum saatnya pakai atribut,” katanya.

Hery Priyono