blank
Ketua Dewan Pengurus Korpri Kabupate4n Jepara Edy Sujatmiko bersama pengurus saat droping air

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kadatangan truk tangki yang membawa air bersih bantuan Korpri Kabupaten Jepara disambut bahagia masyarakat. Salah satunya warga Desa Kedungmalang, Kecamatan Kedung, Selasa (17/10/2023) yang mendapatkan jatah satu tangki berisi lima ribu liter.

Pada kesempatan itu selain Kedungmalang, bantuan air bersih Korpri Jepara juga menyasar Desa Kaliombo, Kecamatan Pecangaan. Kali ini lokasi tersebut dijatah 2 tangki.

Korps Pegawai Republik Indonesia atau Korpri Kabupaten Jepara menyalurkan air bersih ke beberapa lokasi. Bantuan sebanyak seratus ribu liter dikirim menggunakan 20 truk tangki. Pendistribusian dilakukan beberapa kali.

blank
Ketua Dewan Pengurus Korpri Jepara Edy Sujatmiko saat droping air

Pantauan di lapangan, ratusan warga Kedungmalang tampak telah meletakan jerigen di satu lokasi. Tempatnya di kompleks perumahan khusus nelayan. Ketua Dewan Pengurus Korpri Jepara Edy Sujatmiko beserta pengurus turut mempercepat proses penyaluran bantuan. “Dalam masa ini banyak masyarakat yang kekurangan air, sehingga kita dropping air di desa yang kekurangan air,” kata Edy.

Bantuan air bersih tersebut, dia katakan, disalurkan untuk memenuhi kebutuhan warga menyusul terjadinya krisis air bersih. Penyaluran itu, lanjut dia, juga dilakukan dalam menyambut peringatan HUT Ke-52 Korpri. “Meski kita tidak bisa mengatasi keseluruhan, paling tidak kita ringankan beban masyarakat,” ujarnya.

Terkait armada dan suplai air bersih tersebut, Korpri bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat.

Siti Rukhoiyah, warga RT 7/ RW 1, Desa Kaliombo, menyampaikan terbantu adanya bantuan dari Korpri. “Terima kasih Korpri,” tuturnya.

Krisis air kali ini, diakunya sudah berlangsung sejak empat bulan terakhir. Selain menanti suplai, ia dan tetangga biasa membeli. Harga per jerigen Rp5 ribu.

Hadepe – AP