blank
Lestari Moerdijat. Foto: fn

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, mendorong adanya peningkatan aksi berkesenian dan berkebudayaan yang bermakna dan memiliki relevansi, serta berakar pada nilai-nilai budaya Nasional dan kearifan lokal.

”Upaya memajukan kebudayaan secara konsisten dan berkelanjutan, harus menjadi bagian tidak terpisahkan dari proses pembangunan sumber daya manusia Nasional, yang kita lakukan saat ini,” kata Lestari, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/10/2023).

Pada pekan ini, para pelaku budaya mulai mempersiapkan berbagai acara untuk Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023, yang rencananya akan digelar pada Jumat-Minggu (20-29/10/2023), dengan tema ‘Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan’.

BACA JUGA: Jokowi Apresiasi Kemitraan Strategis Komprehensif Indonesia-Cina

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemedikbudristek) sebagai penyelenggara mengungkapkan, pelaksanaan PKN menjadi salah satu implementasi dari strategi memajukan kebudayaan, yang telah disepakati dalam Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) tahun 2018.

Menurut Lestari, konsistensi menyelenggarakan event yang mengedepankan kebudayaan Nasional di tengah masyarakat harus terus ditingkatkan. Hal ini dalam upaya menanamkan nilai-nilai budaya warisan para pendahulu bangsa, kepada generasi penerus.

Rerie, sapaan akrab Lestari berpendapat, upaya memupuk nilai-nilai budaya generasi penerus bangsa, merupakan langkah yang sangat penting.

BACA JUGA: Dalam Dua Pekan Satresnarkoba Polresta Cilacap Amankan 15 Penjual Obat Terlarang

Karena, tegas Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, kebudayaan memiliki peran strategis bagi Bangsa Indonesia.

Sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia, ujar anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu, berbagai macam budaya yang terbentang dari Sabang hingga Merauke, menjadi kekayaan Indonesia yang tak ternilai.

Dengan kondisi itu, tambah Rerie, membangun dan melestarikan budaya juga sekaligus bisa menjadi alat untuk mempererat persatuan dan kesatuan Indonesia.

Rerie sangat berharap, semakin banyak pihak yang peduli terhadap upaya pengembangan dan pelestarian kebudayaan Nasional, sehingga berbagai fungsi yang ada pada kebudayaan dapat dimaksimalkan, untuk memperkokoh eksistensi negeri ini di kancah global.

Riyan