blank
Kegiatan ‘Talkshow Membangun Literasi Data Statistik di Era Digital” BPS Provinsi Jateng. Foto: Ning S

“Fungsi statistik mengembangkan konsep, definisi, klasifikasi dan metode yang dapat digunakan untuk menghasilkan informasi statistik. Bisa menggambarkan keadaan dan pergerakan fenomena ekonomi, baik dalam ruang maupun waktu,” ungkapnya.

Menurutnya, kegunaan informasi ini digunakan untuk menganalisis perilaku ekonomi, serta memperkirakan kemungkinan pergerakan ekonomi secara keseluruhan

Selain itu membuat kebijakan ekonomi dan keputusan bisnis, dengan mempertimbangkan pro dan kontra dari berbagai alternatif perspektif dan kebijakan.

Sebagai narasumber terakhir, Amir Machmud menyebut dalam menyampaikan data, ada tiga tahapan media yang mesti dilalui.

Pertama, terpenuhinya standar siapa, kapan dan dimana. Kedua, mengulik hal-hal di belakang fakta-fakta, dan yang ketiga adalah kualitas dengan melakukan investigasi.

“Kebenaran adalah tujuan jurnalisme, yakni kebenaran yang hakiki, sehingga mampu mempertanggungjawabkan dari apa yang disampaikan,” tuturnya.

Ia mengatakan, data BPS menjadi salah satu rujukan yang terpercaya dari berita yang akan disampaikan. Dimana data BPS merupakan fakta kondisi yang sebenarnya terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Dalam kegiatan talkshow Membangun Literasi Data Statistik di Era Digital ini juga dihadiri sejumlah media yang ada di Semarang Jawa Tengah.

Ning S