blank
Ilustrasi masakan pare. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pare atau dengan nama latin Momordica charantia merupakan jenis tanaman labu-labuan yang dikategorikan sebagai sayuran. Buah dari tanaman ini memiliki rasa pahit dan getir di lidah, sehingga tak banyak orang yang suka mengonsumsinya.

Pare dikenal memiliki rasa yang pahit saat masih muda yang berwarna hijau. Sementara ketika sudah masak pohon, buah pare berubah warna menjadi oranye dan daging yang meliputi biji buahnya yang berwarna merah cerah serta terasa manis seperti permen.

Pare mengandung senyawa antioksidan, termasuk polifenol dan flavonoid, yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Baca Juga:Begini Tips Masak Pare agar Warnanya Tetap Hijau, Simak yuk!

Padahal, pare memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan mata, mengendalikan kadar gula darah, mengobati masalah kulit, hingga meredakan gejala asma.

Nah, di artikel kali ini kita akan membahas tentang beberapa cara memasak pare dengan mudah agar rasa pahitnya bisa hilang. Dilansir dari Suara.com, berikut lima di antaranya.

1. Pilih Pare dengan Kualitas Terbaik

Perlu diingat bahwa tingkat kematangan pare juga ikut mempengaruhi rasa pahitnya. Oleh sebab itu, Anda perlu memilih pare yang berwarna hijau muda, berkulit tebal, dengan bagian dalam serta bijinya berwarna putih.

Baca Juga:Tips Sederhana Ketika Kita Tersedak

Jika bagian luar maupun dalam pare sudah berwarna kekuningan atau oranye, maka rasa pare tersebut akan semakin pahit. Di samping itu, tingkat kesegaran pare juga perlu diperhatikan. Pilihlah pare yang baru saja dipetik agar menghasilkan rasa yang semakin nikmat.

2. Cuci Pare dengan Benar

Sebelum masuk dalam proses pemasakan, Anda perlu mencuci buah pare dengan benar. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah kontaminasi bakteri atau paparan zat kimia dari insektisida. Gunakan air mengalir untuk mencuci pare dan pastikan Anda mengusap-usap permukaan luar dan bagian dalam pare tanpa tambahan sabun atau zat kimia lainnya.

3. Potong Pare Menjadi Beberapa Bagian Kecil

Setelah dicuci, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu memotong buah pare menjadi beberapa bagian kecil. Hal ini bertujuan agar rasa pahit dari dalam buah pare bisa hilang serta lebih mudah disantap. Anda bisa memotong pare dengan bentuk memanjang atau melintang dengan ukuran tipis.

4. Remas Pare dan Beri Garam

Meremas dan memberi garam menjadi kunci utama agar rasa pahit pada buah pare bisa hilang. Meski begitu, Anda tidak disarankan meremas pare terlalu keras, karena bisa menghilangkan zat gizi penting yang terkandung di dalamnya. Pemberian garam pun sebaiknya tak lebih dari 15 menit, agar warna dan tekstur pare tidak berubah serta terjaga kesegarannya.

Baca Juga: Tips Membuat Minuman dari Buah

5. Rebus Pare

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan zat pahit pada pare adalah dengan merebusnya selama 3 menit dengan tambahan garam. Cara ini juga terbilang praktis dan lebih menghemat waktu.

Itulah tadi pembahasan tentang lima langkah mudah memasak pare agar tidak pahit, semoga bermanfaat!