blank
Tim Pengabdian Masyarakat Unisnu Jepara, bersama Ketua FKPP Jepara Kiai Roshif Arwani.

JEPARA (SUARABARU.ID)– Dengan mengangkat tema peningkatan kompetensi para asatidz dalam sistem pembelajaran gramatikal Arab melalui metode Ibtida’i, Tim Pengabdian dari Program Studi (prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara menggelar pelatihan di Madrasah Manba’ul Ma’arif, Mangunan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara.

blank
Kiai Roshif Arwani saat memberikan pelatihan Gramatikal Arab dengan metode Ibtida’i.

Program pengabdian yang dilaksanakan belum lama ini diketuai oleh Dr. Muhammad Natsir, SS., M. Pd sebagai koordinator pelaksana dengan menggandeng Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) yang diketuai oleh Kiai Roshif Arwani yang juga pengasuh Pondok Pesantren (PP) Annur, Mangunan.

Program ini difokuskan pada pengenalan karakteristik pembelajaran Gramatikal Arab metode Ibtida’i dan prosedur teknis tahapan pembelajarannya yang bersifat aplikatif dalam membaca dan memaknai kitab kuning atau kitab turats,

Sebanyak 17 guru Madrasah Diniyah (madin) dan guru-guru yang tergabung dalam FKPP mengikuti pelatihan yang disampaikan oleh Kiai Rohif Arwani. Ke depannya, metode ini akan diterapkan di beberapa Madin di Jepara secara konsisten dan komitmen dengan target tujuan yang telah dirumuskan.

Hasil atau target pada program pelatihan ini salah satunya adalah guru madin atau asatidz memahami karakteristik metode Ibtida’i dan menguasai materi, prosedur dan taknis penerapan metode Ibtida’i ini dalam pembalajaran Gramatikal arab dan memaknai kitab kuning atau kitab Turast secara maksimal yang diajarkan di Madrasah Diniyyah tingkat Awwaliyah.

ua