blank
Kepala SDN 2 Bugel, Supardi S.Pd bersama para atlet cabang olahraga woodball

JEPARA (SUARABARU.ID) – Pada umumnya, sekolah-sekolah yang berprestasi adalah sekolah besar dan yang berlokasi di tengah-tengah kota. Pencapaian prestasi ini biasanya ditunjang ketersediaan fasilitas yang memadai. Namun, SDN 2 Bugel, Kecamatan Kedung  yang keberadaannya jauh dari pusat kota ternyata mampu bersaing dengan sekolah-sekolah yang ada di pusat kota dalam hal prestasi.

blank
Pelatih woodball SD Negeri 2 Bugel, Arif Wibawa bersama para atlet SDN 2 Bugel

SD Negeri 2 Bugel merupakan sekolah kecil yang terletak di depan Masjid Baitul Hakim Desa Bugel. Meskipun sekolah kecil dengan jumlah murid yang tidak cukup banyak, sekolah ini mampu mendapatkan banyak sekali prestasi, baik akademik maupun non akademik. Salah satu prestasi yang baru-baru ini diraihnya adalah mendapatkan beberapa medali dari Pekan Olahraga Daerah (POPDA) Kabupaten Jepara tahun 2023

blank
Atlet SDN 2 Bugel saat menerima medali

Woodball sendiri mungkin masih terdengar asing bagi orang awam. Namun, woodball sebenarnya merupakan olahraga yang baru-baru ini viral di dunia. SD Negeri 2 Bugel sudah hampir 1 tahun menekuni olehraga tersebut. Dalam Pekan Olahraga Daerah (POPDA) Kabupaten Jepara tahun 2023 SD Negeri 2 Bugel telah mengantongi tiga medali mewakili Kecamatan Kedung. Dengan prestasi tersebut, SD Negeri 2 Bugel  berhasil mengharumkan nama Kecamatan Kedung.

blank
Siswa SDN 2 Bugel yang berhasil mengharumkan nama sekolah dalam POPDA

Jumlah murid yang sedikit tidak membuat pelatih woodball  Arif Wibawa S.Pd yang merupakan guru olahraga di SD Negeri 2 Bugel ini kesulitan mencari bibit atlet untuk diikutkan POPDA di Kabupaten Jepara, khususnya dalam cabang olahraga woodball.

Sebab sebelum bertanding di tingkat kabupaten, tiga  murid dari SD Negeri 3 Bugel telah berhasil mengikuti tahap seleksi di tingkat kecamatan untuk maju ke kabupaten mewakili Kecamatan Kedung  untuk ikut POPDA dalam cabang olahraga woodball.

Ketiga murid tersebut telah berhasil meraih  2 medali emas dan 1 medali perak dari cabang olahraga woodball. Dua medali emas telah diperoleh oleh Ananda Sofyan Alfarisi siswa kelas  6 dalam kategori dobel mix fairway. Sedangkan Nihlatul Mauna dan Naelly Sofwah kelas 6 meraih 1 Perak  dalam kategori double putri fairway. Hal ini menambah deretan prestasi untuk SD Negeri 2 Bugel.

Prestasi yang mereka raih tidak lepas dari kerja keras siswa serta bimbingan pelatih woodball SD Negeri 2 Bugel.  Arif Wibawa menghimbau agar murid-muridnya jangan cepat puas dan bangga harus rendah diri dengan prestasi yang sekarang. Ia berharap agar murid-muridnya tetap semangat berlatih untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik lagi untuk event-event yang akan datang.

Keberhasilan SDN 2 Bugel dalam menyelenggarakan pendidikan tentunya menjadi kebanggaan masyarakat. Tak heran jika sekolah ini dikenal dengan sekolah yang sarat akan prestasi.

Kepala sekolah, Supardi S.Pd mengatakan ia merasa senang dan bersyukur atas pencapaian ini. Semua berkat dukungan orang tua, siswa dan guru yang hebat. “Sekolah hanya memfasilitasi. Alhamdulillah menghasilkan prestasi yang merupakan anugerah Allah SWT,” ujarnya. Semoga SD Negeri 2 Bugel bisa mempertahankan predikat juaranya,tambah Supardi

 

Ia juga berharap prestasi yang diraih anak didiknya tidak hanya di tingkat kabupaten. Semoga mampu ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Selain itu semoga kedepannya SD Negeri 2 Bugel bisa meraih prestasi yang lebih banyak lagi baik dari akademik maupun non akademik.

“Prestasi yang diraih oleh murid-muridnya ini bisa menjadi motivasi mrid-murid lain untuk giat belajar dan berlatih agar mendapatkan juara. untuk itu dibutuhkan dedikasi dan kolaborasi yang baik antara guru, murid, dan juga orang tua,” pungkas Kepala SDN 2 Bugel, Supardi

Hadepe – Miftahul Huda, S.Pd