blank
Para pelaku UMKM foto bersama

KENDAL(SUARABARU.ID) – Dinas Perdagangan, Koperasi(Disdagkop) dan UKM Kendal meresmikan UMKM Center di Kecamatan Weleri, bertempat di Kantor Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal, Selasa(10/10/2023).

Acara dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Kendal, Agus Dwi Lestari, Camat Weleri, Dwi Cahyono Suryo, Sekretaris Kecamatan beserta staf, Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro pada Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kendal, Lytria Wandwiasti, Kepala PT Pos Indonesia Cabang Kendal, Angga Nur Wigantara, dan diikuti para kepala desa se-Kecamatan Weleri, para pelaku UMKM dan PKM di Kecamatan Weleri.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Disdagkop UKM Kendal, Lytria Wandwiasti menyampaikan, bahwa peresmian UMKM Center sebagai aksi perubahan UMKM pada Diklatpim untuk terus mengawal UMKM naik kelas.

“Peresmian UMKM Center ini akan lebih mempromosikan produk di kecamatan masing-masing, tujuannya memajukan para pelaku UMKM Kabupaten Kendal agar naik kelas, dan pastinya akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat Kabupaten Kendal,”kata Lytria Wandwiasti.

Lytria Wandwiasti menjelaskan, untuk meningkatkan pemasaran UMKM secara digitalisasi, Pemkab Kendal telah menggandeng Shopee, Grab dan Kantor Pos Indonesia.

“Pendampingan terhadap para pelaku UMKM terus kami lakukan, sehingga diharapkan melalui aksi perubahan ini dapat terus berjalan, dan bisa meningkatkan produk-produk UMKM melalui digitalisasi,” ujar Lytria Wandwiasti.

Asisten Administrasi Umum Kabupaten Kendal, Agus Dwi Lestari menyampaikan, dengan adanya UMKM Center ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat terutama para pelaku UMKM dengan sebaik-baiknya.

Menurut Agus Dwi Lestari, selain dijadikan tempat untuk mempromosikan dan menjual produk, UMKM Center juga dapat digunakan sebagai tempat berdiskusi untuk meningkatkan kualitas produk dan pemasaran.

“Tempat ini pastinya sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM, karena selain untuk promosi juga saling berbagi ilmu sekaligus meningkatkan kualitas produk, sehingga ke depan akan lebih maju lagi,” kata Agus Dwi Lestari.

Sementara itu, Kepala PT Pos Indonesia Cabang Kendal, Angga Nur Wigantara mengatakan, pihaknya bersama Pemkab Kendal akan terus melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM Kendal, terutama mensupport dalam pengiriman barang.

“Terkait dengan pengiriman barang kami siapkan mobil secara gratis dan pembayarannya tanpa uang tunai(cashless). Dengan demikian harapannya dapat membantu meningkatkan UMKM di Kabupaten Kendal,” tegas Angga Nur Wigantara.

Selain meresmikan UMKM Center di Kecamatan Weleri, Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kendal juga meresmikan UMKM Center di Kantor Kecamatan Kaliwungu.

Sapawi