blank
Ilustrasi. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Saat berada di ruangan ber-AC saat udara panas bisa menjadi solusi agar tubuh tetap terasa nyaman. AC atau penyejuk udara bisa membantu tubuh lebih segar meskipun lingkungan di luar terasa panas.

AC memiliki kemampuan mendinginkan udara dibandingkan kipas angin. Maka itu, AC membuat tubuh lebih nyaman untuk beraktivitas, dan suhu yang rendah di ruangan ber-AC bisa mengurangi keberadaan serangga.

Tak hanya itu, ruangan yang sejuk juga bisa membuat kinerja menjadi lebih maksimal. Oleh karena itu penggunaan AC sendiri saat ini bisa ditemukan di berbagai tempat mulai dari ruangan pribadi sampai tempat umum.

Baca Juga:Tips Merawat Kulit Ketika Cuaca Panas

Terlebih saat cuaca panas, AC bisa digunakan selama berjam-jam tanpa henti. Tentu ini bisa berdampak pada AC yang bekerja terlalu lama. Apabila tidak diperhatikan, AC bisa menjadi cepat rusak.

Untuk mencegah kerusakan pada AC terdapat beberapa kesalahan yang harus dihindari saat menggunakan AC. Dilansir dari Suara.com, berikut ini beberapa kesalahan yang bisa membuat AC menjadi cepat rusak dllansir dari Time.

1. Suhu AC Terlalu Rendah

Mengapa suhu AC mempengaruhi usia pemakaiannya? Ini karena semakin rendah suhu yang digunakan, AC akan bekerja lebih keras. Apabila AC bekerja pada suhu rendah secara terus menerus, maka AC bisa menjadi tidak awet dan cepat rusak.

Baca Juga: Tips agar Terhindar Dampak Cuaca Panas saat di Luar Ruangan

Oleh karena itu, untuk menghindari hal ini sangat penting untuk mengatur suhu AC dengan baik. Untuk menghindari kerusakan, sebaiknya atur AC pada suhu yang tidak terlalu rendah tetapi tetap memberikan kenyamanan.

2. Tidak Membersihkan Filter AC

Filter pada AC berfungsi untuk menyaring kotoran, debu, dan kuman. Semakin sering AC digunakan, semakin banyak pula kotoran yang terperangkap dalam filter AC. Karena kotoran yang menumpuk inilah udara yang keluar dari AC bisa menjadi terhambat. Akibatnya, AC akan bekerja lebih keras untuk mengalirkan udara.

Sebaiknya bersihkan filter AC secara rutin minimal tiga bulan sekali untuk menghindari kerusakan pada AC. Jika perlu, servis AC secara rutin untuk mempertahankan performanya.

Baca Juga: Menghangatkan Makanan dengan Cepat, Ini Tips Merawat Macrowave yang Tepat

3. Menyalakan AC Sepanjang Hari

Menyalakan AC sepanjang hari juga bisa menyebabkan kerusakan AC lebih cepat. Ac juga memerlukan waktu untuk beristirahat setelah bekerja. Oleh karena itu, matikan AC jika tidak benar-benar diperlukan. Misalnya saat kondisi ruangan sudah cukup dingin, matikan AC dengan segera.

Selain itu, membiarkan AC tetap menyala pada ruangan kosong juga bisa menyebabkan AC menjadi tidak dingin dan cepat rusak.

Nah, itu dia beberapa kesalahan saat menggunakan AC yang mengakibatkan AC cepat rusak. Semoga bermanfaat.

Claudia