blank
Ganjar memanen tomat hasil ketekunan petani milenial yang ada di Desa Tegallega, Kabupaten Cianjur, Jabar. Foto: tmgp

CIANJUR (SUARABARU.ID)– Duta Petani Millenial, Sandi Oka Susila, memberikan apresiasinya atas keseriusan Bakal Calon Presiden (Bacapres) RI 2024, Ganjar Pranowo, yang akan mewujudkan ketahanan pangan dan mengembangkan sektor pertanian. Pria asal Cianjur itu menilai, Ganjar sangat serius mewujudkan program yang didambakan seluruh masyarakat Indonesia.

Hal itu seperti yang disampaikan Sandi, seusai mendampingi Ganjar berkunjung ke desanya di Tegallega, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (5/10/2023). Dalam kesempatan itu, Sandi banyak berdiskusi dengan Ganjar, dan mendapat insight tentang ide dan gagasannya, terkait pertanian dan ketahanan pangan.

”Kami petani millenial Cianjur, senang sekali bisa bertemu Pak Ganjar. Beliau memberikan harapan besar, terutama di sektor pertanian ke depan,” jelasnya.

BACA JUGA: Hilirisasi Pertanian Menuju Kedaulatan Pangan Mulai Berjalan

Saat jalan-jalan itu, Sandi mendapat banyak bukti tentang keseriusan Ganjar. Misalnya, dengan menginisiasi pembangunan pabrik teh premium di Desa Tegallega, dan melibatkan petani milenial serta memberdayakan petani lokal agar lebih sejahtera.

”Itu bagian dari program hilirisasi sektor pertanian, yang beliau canangkan dan kami anak-anak muda diajak terlibat dalam program itu. Pak Ganjar memang benar-benar memiliki perhatian besar pada kesejahteraan petani,” terangnya.

Ganjar, lanjut dia, benar-benar serius dan fokus dalam pengembangan sektor pertanian, demi terwujudnya ketahanan pangan. Ide dan gagasan Ganjar melompat ke depan, tentang perencanaan yang sangat matang.

BACA JUGA: MGMP Matematika SMP Susun Modul Ajar, Agar Tak Abaikan Minat Siswa

”Dan itu dimulai dari desa, sebagai penghasil pangan utama. Beliau datang dan melakukan pendampingan. Itu bukti kalau beliau benar-benar serius,” ujarnya.

Hal itu menurut Sandi, merupakan harapan yang menggembirakan. Sebab, bicara sektor pertanian dan ketahanan pangan, adalah bicara masalah kehidupan.

Menurut dia, seorang pemimpin memang harus berfokus pada ketahanan pangan. Apalagi saat ini, kondisi pangan dunia mengkhawatirkan.

BACA JUGA: 13 Hari Hilang, Mayat Penjaring Ikan Ditemukan di Bibir Pantai

blank
Duta Petani Millenial, Sandi Oka Susila, mendampingi Ganjar Pranowo, saat meninjau lahan pertanian yang ada di Desa Tegallega, Kabupaten Cianjur, Jabar. Foto: tmgp

”Apa yang dilakukan Pak Ganjar sudah tepat. Tentu dengan program beliau, ketahanan pangan dan regenerasi petani milenial bisa terwujud. Tentu ini harapan dan angin segar bagi masa depan Indonesia,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, Ganjar Pranowo berkunjung ke Desa Tegallega, dan menginap di kampung yang terletak di kaki Gunung Gede itu, pada Rabu (4/10/2023). Ganjar memanfaatkan kesempatan itu, untuk menyerap aspirasi dari masyarakat.

Ganjar juga menggandeng koperasi dan petani milenial di desa itu, untuk membuat pabrik teh kualitas premium. Pabrik teh yang memiliki merk Teh GP itu, nantinya akan memberdayakan petani milenial dan petani lokal, untuk memproduksi teh kualitas premium.

BACA JUGA: Polsek Muntilan Merazia Penjual Minuman Keras

Pabrik ini rencananya akan beroperasi pada pertengahan November 2023. Sebanyak empat hektar kebun teh diberdayakan para petani milenial, dengan kapasitas produksi 200 kg per hari.

Teh premium merk Teh GP itu, nantinya akan dijual dengan harga tinggi. Per 50 gram, dijual dengan harga Rp 150 ribu, dan per kilogramnya sekitar Rp 800 ribu-Rp 2 juta. Diperkirakan, pabrik teh akan beromzet Rp 200 juta per bulan, dan akan terus bertambah dengan penambahan luas lahan dan kapasitas produksi.

Riyan