blank
DIVAKSIN - Petugas Poskeswan Batang tengah menyuntik vaksin ke seekor kucing. (Foto: Diskominfo)

BATANG (SUARABARU.ID) – Tidak hanya manusia yang perlu divaksinasi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kucing pun mendapatkan vaksinasi, agar terhindar dari paparan virus rabies.

Selama beberapa pekan para pemilik kucing di Kota Batang antusias membawa hewan peliharaannya ke Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan). Terlebih maraknya serangan hewan mamalia karnivora terhadap manusia beberapa waktu lalu.

Meski terkesan dekat dan seringkali menjadi sahabat bagi manusia, namun langkah antisipatif perlu dilakukan. Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) Batang berupaya melakukan pencegahan penyebaran virus tersebut.

Medis Veteriner Dislutkanak Batang, dokter Ayu Astuti mengatakan, antusias warga untuk memvaksinasi rabies peliharaannya cukup tinggi. Vaksinasi rabies menjadi agenda rutin tahunan dengan alokasi vaksin sebanyak 200.

Fokus utamanya pencegahan rabies, namun tidak menutup kemungkinan jika ada kucing yang terindikasi penyakit lain. “Sekarang ini kan musim peralihan, seringkali kucing terserang virus, maka perlu dilakukan vaksinasi,” katanya, saat ditemui di Puskeswan Batang, Kabupaten Batang, Selasa (3/10/2023).

Virus tersebut termasuk zoonosis, sehingga rawan menular pada manusia. Tak hanya rabies, di musim pancaroba seperti saat ini, juga rawan munculnya kucing yang mengalami cacingan. “Ada kucing yang kami beri asupan vitamin penambah nafsu makan dan menghindari agar hewan tidak stres,” jelasnya.

Vaksinasi rabies rutin diberikan antara bulan September hingga Oktober, bertepatan dengan Hari Anti Rabies. Sugihanti pemilik kucing jenis Persia Anggora, Kenzo dan Cleo berusia 2,5 tahun menyampaikan, vaksinasi rutin diberikan tiap tahunnya. Sekarang jadi tahun kedua untuk vaksin bagi kedua kucing kesayangannya itu.

“Sebelum divaksinasi rabies, beberapa pekan lalu, kucing saya terserang penyakit kulit Scabies. Tiga minggu sudah diobati salep dan suntik, jadi sekarang kondisinya lebih siap untuk divaksin rabies,” ujar dia.

Vaksinasi rabies menjadi sangat penting, agar pemilik maupun hewan peliharaan tidak tertular virus. “Rawan sekali kalau sampai terkena gigitan hewan yang terserang rabies,” pungkasnya.

Nur Muktiadi