blank
Ganjar menyempatkan diri dilukis oleh salah satu pelukis jalanan yang ada di Jalan Braga, Bandung. Foto: tmgp

BANDUNG (SUARABARU.ID)– Ganjar Pranowo yang juga Bakal Calon Presiden (Bacapres) RI 2024, menghabiskan malam di Jalan Asia Afrika dan Jalan Braga, di Kota Bandung, Selasa (3/10/2023). Ganjar berjalan-jalan sambil menyapa masyarakat di tempat favorit warga Bandung itu.

Ganjar sempat mampir untuk makan Nasi Goreng Pak Ikin PR yang legendaris, dan menyantap mi bakso di pinggir jalan. Kehadiran Ganjar sontak membuat heboh masyarakat yang sedang jalan-jalan di sana. Mereka langsung berlarian mendekat untuk minta foto bersama.

”Itu ada Pak Ganjar. Itu yang rambutnya putih. Meni kasep pisan oey (ganteng sekali ya-red). Pak foto dulu, saya fans berat bapak,” ucap sejumlah warga.

BACA JUGA: Lantai Trotoar Pecinan Dibersihkan Setelah MEC dan Kirab Ruwat Bumi

Ganjar pun melayani warga yang meminta foto bersama. Dia juga sempat bernyanyi bersama musisi jalanan Bandung, dan mengapresiasi karya-karya mereka.

Bahkan Ganjar sempat menyapa komunitas yang berkostum ala hantu. Ganjar sempat menyapa seorang berkostum ala Mak Lampir, dan melayani mereka untuk berfoto bersama.

”Kami Komunitas Kostum Hantu Bandung pak, namanya Comjurig Bandung. Kami setiap malam di sini, dan berdandan ala hantu untuk menghibur masyarkat,” ujar Lia, seorang anggota Comjurig Bandung kepada Ganjar.

BACA JUGA: Soal Penyegelan Loket Pembayaran BNPB Karimunjawa, Pj Bupati Jepara: Kedepankan Komunikasi !!

Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2023 itu kemudian berjalan menyusuri Jalan Braga, untuk menyaksikan pameran lukisan jalanan yang ada di sana. Para pelukis Jalan Braga yang didatangi Ganjar, langsung heboh. Mereka tak menyangka, Bacapres dari PDIP itu akan datang mengunjungi sejumlah stand di lokasi pameran jalanan.

”Pak boleh saya lukis wajah bapak? Saya fans berat bapak nih. Nggak menyangka bapak datang ke sini menyapa kami. Sebuah kebanggaan kami pak, para pelukis di Jalan Braga ini,” ucap Aswi, seorang pelukis di Jalan Braga.

Ganjar pun berhenti sebentar untuk dilukis oleh Aswi. Meski hanya sebentar, namun Aswi berhasil membuat sketsa wajah Ganjar yang tampak sangat mirip.

BACA JUGA: Polres Kudus Gerebek Tempat Karaoke yang Nekat Buka, Ratusan Botol Miras Disita

blank
Sejumlah musisi jalanan yang ada di Jalan Asia Afrika dan Braga, Kota Bandung, berbincang dengan Ganjar, saat menghabiskan malam di kota berhawa sejuk ini. Foto: tmgp

”Wah senang sekali didatangi Pak Ganjar, bisa ngobrol bareng dan bahkan melukis wajahnya. Meski sebentar saya langsung bisa, karena beliau kan familiar,” ucapnya.

Aswi juga terkesan dengan keramahan Ganjar. Saat ngobrol bersama, terkesan tak ada jarak di antara mereka.

”Sudah cocoklah jadi pemimpin. Karena saya lihat beliau juga sukses memimpin Jawa Tengah. Semoga Pak Ganjar terpilih, dan bisa menyejahterakan masyarakat termasuk para seniman,” harapnya.

BACA JUGA: Wisuda Ke-66 USM: Prof Kesi: USM adalah Rumah untuk Mengembangkan Iptek

Hal senada disampaikan Tata Sutarya, pelukis Jalan Braga lainnya. Sutarya menyatakan, kehadiran Ganjar mampu melecut semangat seniman jalanan Braga, untuk terus berkarya.

”Tadi ngobrol sebentar, beliau memberikan apresiasi dan motivasi. Harapan kami, semoga Pak Ganjar selalu mendukung para pegiat seni seperti kami ini, selalu diberikan ruang untuk berekspresi dan berkarya,” pinta dia.

Riyan