blank
Persiapan kegiatan World Cleanup Day (WCD) 2023. (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)


MAGELANG (SUARABARU.ID) –
Para relawan Selasa (2/10) gotong royong membersihkan trotoar di sepanjang Jalan Pemuda (Pecinan) Kota Magelang.

Kegiatan itu dilakukan setelah sepanjang Jalan Pemuda berikut trotoarnya beberapa hari lalu digunakan acara Magelang Ethno Carnival (MEC) dan Kirab Ruwat Bumi (Jut Bio), sekaligus dikaitkan dengan World Cleanup Day (WCD) 2023.

Kepala Bidang Pengelolaan dan Penanganan Persampahan DLH Kota Magelang, Widodo menerangkan, instansinya menggagak kegiatan itu
supaya trotoar bersih seperti semula, setelah pagelaran dua event besar di kawasan tersebut beberapa waktu lalu.

‘’Kita bersihkan lantai trotoar pasca MEC dan Jut Bio kemarin, sekaligus dikaitkan dengan WCD 2023. Kita ingin agar trotoar bersih lagi, lantainya cukup gelap karena diinjak-injak beribu-ribu orang,’’ ujar Widodo disela-sela kegiatan.

blank
Para relkawan membersihkan trotoar pecinan Jalan Pemuda. 9Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

Menurutnya, fokus pembersihan untuk sementara di sepanjang Pecian dari Kelenteng TITD Liong Hok Bio ke Pasar Rejowinangun. Relawan menyikat lantai pakai sabun diguyur air sampai bersih dan kering, sehingga tidak licin. Mereka juga dibantu petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Magelang.

Kepala DLH Kota Magelang, Machmud Yunus menambahkan, para peserta yang terlibat berjumlah sekitar 200 orang dari unsur TNI, Polri, Garda Relawan, PPKM, Kelurahan Kemirirejo, Kelurahan Panjang, Kelurahan Rejowinangun Selatan dan Rejowinangun Utara, Satpol PP, Damkar, DLH dan Perbanusa.

‘’Tujuan pembersihan keramik (trotoar) Pecinan setelah dua event besar MEC dan Kirab Ruwat Bumi,’’ terang Yunus. (pemkotmgl)