blank
Kanwil Kemenkumham Jateng menggelar mediasi dugaan duplikasi desain dari sebuah produk di Jepara. Foto: Dok/Kanwil

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah menggelar mediasi terkait dugaan duplikasi terhadap desain dari sebuah produk, belum lama ini.

Perusahaan furniture asal Italia Whutessence srl pemilik merek Ethimo melayangkan aduan ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jepara atas pengrajin furniture di Jepara yang ditengarai menjiplak desain dari produk mereka.

Mediasi digelar di Kantor Disperindag Kabupaten Jepara, yang dihadiri Kepala Sub Bidang Pelayanan Kekayaan IntelektualIntelektual (KI), Tri Junianto didampingi Kepala Sub Bagian Humas, RB dan TI Hazmi Saefi.

Hadir Plt. Sekretaris Dinas Disperindag Himawan Muttaqim dan Plt. Kabid Perdagangan Edi Widodo, perwakilan Ethimo bersama kuasa hukum, dan para pengrajin furniture sebagai pihak yang diadukan.

Pihak Ethimo menjelaskan kronologi dimana mereka menemukan postingan di instagram yang menjual furniture mirip dengan produk yang dikeluarkan pabrikan asal Italia itu.

Dengan menjelaskan dokumen-dokumen yang dibawa, pihak Ethimo meminta produksi yang menjiplak mereknya dihentikan dan tidak dipasarkan lebih lanjut.

Para pengrajin furniture berdalih mereka tidak menjiplak namun hanya membuatkan pesanan sesuai permintaan konsumen dan yang lain hanya melakukan finishing. Sehingga inisiatif untuk produksi barang yang mirip tidak datang dari mereka.

Dalam kasus ini Kasubbid Pelayanan KI, Tri Junianto belum bisa memberikan tanggapan karena tidak ada pembanding produk dan hanya dilihat dari foto saja.

“Kami belum bisa memberikan tanggapan karena tidak ada pembandingnya,” jelas Tri.

“Dalam penegakkan hukum desain industri jika hanya gambar saja tidak bisa dilakukan, namun harus ada deskripsi dan dibandingkan antar produknya,” ujarnya.

Pihak Ethimo pun menerima keterangan tersebut dan mengajak para pengrajin furniture khususnya di Jepara untuk sama-sama aware dan sadar akan hukum dalam Kekayaan Intelektual.

“Apabila ada orderan tolong dipastikan dahulu (itu) desainnya siapa dan darimana,” kata Joko kuasa hukum dari Ethimo.

Mediasi berakhir dengan damai dan pihak pengrajin furniture sepakat untuk lebih berhati-hati dalam memproduksi barang. Dari Disperindag Jepara juga akan memberikan edukasi lagi bagi para pelaku usaha di Bumi Kartini ini.

Ning S