blank
Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz saat audensi dengan peraih medali dan pelatih Kontingen Kota Magelang pada Porpropv Jateng 5-11 Agustus 2023. Acara itu dihadiri Ketum KONI Kota Magelang Ali Sobri Sungkar didampingi pengurus lainnya. (Dok)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz akhirnya memberi bonus kepada atlet dan pelatih Kontingen Kota Magelang yang meraih medali pada Porprov Jateng 5-11 Agustus 2023, di Pati Raya.

Tentu, keputusan itu disambut gembira oleh mereka. Meski penyerahan bonus itu baru akan dilakukan pada bulan Maret 2024.

‘’Di tahun 2024 mendatang, insya Allah (bonus) akan dicairkan di bulan Maret mendatang. Selama tidak ada yang membatalkan,’’ kata Wali Kota Muchammad Nur Aziz saat audiensi dengan para atlet dan pelatih peraih medali di ajang Porprov Jateng, Senin (25/9).

Azis yang juga berprofesi doker spesialis penyakit dalam itu menerangkan, nominal uang bonus yang akan diberikan sama dengan saat Porprov 2018. Yakni, untuk peraih medali emas sebesar Rp 50 juta per orang, peraih perak sebesar Rp 25 juta per orang dan medali perunggu sebesar Rp 15 juta per orang.

Sebenarnya, lanjutnya, bonus peraih medali di ajang Porprov Jateng tersebut belum dialokasikan dalam anggaran Pemkot Magelang 2023.
Tetapi disusulkan dalam anggaran perubahan.

‘’Anggaran yang disusulkan tersebut tidak ‘gol’ di perubahan. Alasannya, jujur saja saya lupa. Apakah saya coret atau tidak saya lupa, karena saat itu kita (Pemkot Magelang,red) sedang defisit anggaran,’’ ujarnya.

Aziz menambahkan, Pemkot Magelang juga akan memberikan beasiswa kepada para atlet berprestasi tersebut yang masih duduk di bangku sekolah.

Selain itu, pihaknya juga akan memberikan lowongan pekerjaan sebagai tenaga outsourcing di lingkungan Pemkot Magelang sebagai sopir, tenaga kebersihan. Juga sebagai tenaga pendamping program Mas Bagia, program anak tidak sekolah dan lainnya.

Ketua Umum KONI Kota Magelang, Ali Sobri Sungkar mengatakan, sebenarnya pihaknya mengajukan anggaran bonus tersebut dalam APBD Perubahan 2023 sekitar Rp 4.322.500.000, dengan asumsi perhitungan target perolehan medali di Porprov 2023 ini sebanyak 75 medali.

Dengan perincian, peraih medali emas mendapatkan Rp 60 juta, medali perak Rp 30 juta dan medali perunggu Rp 20 juta.

‘’Kami mengajukan anggaran termasuk untuk uang penghargaan dalam APBD Perubahan 2023, pada Juni 2023. Itu lebih dari cukup untuk melalui proses di eksekutif sampai di dewan,’’ ujarnya.

Pelatih cabang olahraga selam, Herawan Christianto mengatakan, menyambut positif akan diterimanya bonus bagi para atlet dan pelatih yang meraih prestasi di Porprov Jateng kemarin.

“Para pelatih dan atlet sangat berharap bonus tersebut bisa cair. Karena, banyak sekali pelatih yang berhutang untuk bisa mencapai prestasi yang sangat membanggakan,’’ ungkapnya.

Dia akan terus mengawal proses pencairan bonus tersebut, dan berharap pencairannya tidak dicicil. Tetapi bisa diberikan dalam satu kali dengan jumlah yang seperti telah dijanjikan.