Empat sajian kuliner khas Kudus yang jangan sampai terlewatkan. Foto: Reka wied

KUDUS, sebuah wilayah kabupaten di jalur pantura Jawa Tengah. Kota bersejarah, kaitannya dengan penyebaran Islam ini, menyimpan banyak makanan khas.

Kudus memiliki kuliner yang beragam. Salah satu makanan khas yang paling terkenal adalah soto kudus. Bahkan, soto kudus terdapat di sejumlah kota di luar Kudus.

Makanan khas Kudus mempunyai cita rasa yang khas autentik berkat resep secara turun-temurun. Bagi pecinta kuliner, Kudus merupakan surga yang tak terlupakan. Jika berkunjung ke Kudus, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas yang memanjakan lidah dan membawa kembali kenangan manis.

Cita rasa autentik yang diwariskan secara turun temurun menjadikan Kuliner Kudus menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta kuliner.

Selain Soto Kudus, ada makanan khas lainnya yang tidak kalah nikmat. Lalu, apa saja makanan khas Kudus selain Soto Kudus? Simak tujuh kuliner khas Kudus di bawah ini yang bisa jadi referensimu saat sedang berkunjung di kota ini.

Hidangan yang sangat familiar dan dikenal sebagai makanan khas dari daerah Kudus adalah soto Kudus. Sudah tidak asing dengan makanan soto yang hampir disajikan disetiap daerah.

Namun soto Kudus jelas berbeda dengan soto lainnya. Soto Kudus biasanya disajikan dalam mangkuk kecil. Kemudian dilengkapi dengan nasi putih, ayam, seledri, tauge, dan juga kuah. Selain itu, dilengkapi dengan taburan bawang goreng.

Sate Kerbau

Bukan lagi sate daging sapi dan kambing, kuliner khas Kudus yang sangat khas adalah sate kerbau. Banyak wisatawan dan penduduk lokal yang suka dengan cita rasa khas sate kerbau Kudus ini. Teksturnya juga tidak alot karena sudah digiling sebelum dililitkan ke tusuknya.

Tak hanya gurih dan asin, ada rasa manis yang didapatkan dari kecap manis dan gula merah. Kini sate kerbau tak hanya dijual di Kudus. Sudah banyak daerah yang menawarkan menu kuliner khas Kudus ini.

Kemudian ada tahu telu,dengan bumbu kacang tanah, kecap, dan gula, merah, seperti bumbu pecel atau bumbu tahu lontong/kupat. Rasa khas tahu telur ini manis, asam, dan pedas.

Bedanya, tahu telur disajikan dengan banyak sayuran berbeda. Agar lebih nikmat, santaplah dengan nasi atau lontong. Kemudian dapat menambahkan potongan udang renyah untuk disajikan sebagai pendamping.

Pecel Pakis Colo

Pecel Pakis berbeda dengan pecel pada umunnya yang dijual di beberapa daerah. Keunikan pecel pakis terletak pada bahan yang digunakan, khususnya pakis sebagai sayuran pelengkap.

Dalam pengolahannya, tanaman pakis akan diambil daunnya dan dilengkapi dengan bahan pendukung lainnya seperti kacang panjang yang dipotong dan tauge. Jika berkunjung ke Kudus, sayang jika melewatkan kuliner khas ini.
Dinita Charissa Ludviana -Mg