Elly Asmara Camat Semarang Barat, Kota Semarang mengenakan pakaian wayang didampingi Wali Kota Semarang Hervearita Gunaryanti Rahayu, saat ikut berpartisipasi dalam kirab Festival Budaya Bukit Jatiwayang dua tahun lalu di halaman Kantor Kelurahan Ngemplak Simongan, Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Foto : Dok Absa

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Festival Budaya Bukit Jatiwayang, ruwatan desa dan sedekah bumi, yang digelar oleh warga RW 03 Kelurahan Ngemplak Simongan, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, merupakan upaya untuk melestarikan budaya nenek moyang pendiri kampung.

Hal itu disampaikan oleh Ketua RW 03 Agus Setiawan kepada wartawan, di Kantor Kelurahan Ngemplak Simongan, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Kamis sore (31/9/2023).

“Jadi Festival Budaya Bukit Jatiwayang ini merupakan upaya kami, untuk nguri-nguri (melestarikan) budaya mbah-mbah (nenek moyang) kami, yang dulu pertama kali menempati kampung yang kami tinggali sekarang ini,” jelasnya.

Oleh sebab itu, lanjut Agus, dengan lebih mengedepankan budaya gotong royong, warganya lebih guyub dan kompak memeriahkan kegiatan tersebut.

Dikatakan pula oleh Ketua RW 03, puncak Festival Budaya Bukit Jatiwayang nantinya akan dilaksanakan kirab budaya, yang melibatkan seluruh elemen masyarakat yang ada di RW 03 khususnya dan seluruh masyarakat Kelurahan Ngemplak Simongan, dengan biaya swadaya mandiri warga dan dibantu oleh jajaran Kelurahan Ngemplak Simongan maupun Kecamatan Semarang Barat.

“Kegiatan ini berjalan tiap tahun. Dan sudah berjalan sejak 6 tahun lalu. Libur 2 tahun karena pandemi covid. Untuk biaya sendiri, total keseluruhan untuk operasional lebih kurang sebanyak Rp 20 juta. Alhamdulillah dibantu Pak lurah dan Pak Camat,” terangnya.

Sedangkan untuk rute kirab budaya, imbuh Agus, akan dilaksanakan pada hari Minggu (24/9/2023), berjalan dimulai dari halaman kantor Kelurahan Ngemplak Simongan di Jalan Simongan menuju Jalan Wr Supratman, lalu Srinindito Raya hingga mencapai panggung utama di Jalan Srinindito Timur RW 03, depan Makam Jati Wayang.

“Dalam kirab nanti akan berjalan kira-kira selama 45 menit dan di panggung utama nanti akan memperebutkan 5 gunungan, yaitu 1 gunungan sayur, 1 gunungan buah, 1 gunungan buku, 1 gunungan kopi dan 1 gunungan Chiki,” urainya.

Berikan Perhatian

Camat Semarang Barat, Kota Semarang Elly Asmara saat dimintai tanggapan, memberikan apresiasi positif dan dukungan terhadap Festival Budaya Bukit Jatiwayang yang digelar warganya tersebut.

“Kami berikan apresiasi dan dari Kelurahan maupun Kecamatan pasti mensupport berupa bantuan anggaran ya. Tapi bantuan anggaran tersebut, memang tidak bisa untuk membackup semua kegiatan. Supaya unsur gotong royong dan pemberdayaan masyarakat berjalan. Seperti yang besok Minggu dilaksanakan RW 03 (Kelurahan Ngemplak Simongan) yang menjadi panitia mengembangkan sendiri,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Camat Semarang Barat, setiap tahunya menampilkan kreasi yang berubah agar semakin berkembang, semakin bagus dan berkualitas penampilannya, agar nantinya bisa mewarnai Kota Semarang dan menjadi agenda Pemerintah Kota Semarang.

“Penampilan tiap tahunnya selalu berbeda-beda. Dengan penampilan yang berbeda pastinya akan menunjukkan kreatifitas masyarakat, yang terdapat unsur gotong royong, sehingga warga menjadi kuat tidak mudah dipecah-pecah,” harapnya.

Dikatakan pula oleh Camat Elly Asmara, di wilayah kerjanya yang saat ini masih nguri-nguri (melestarikan) budaya selain Kelurahan Ngemplak Simongan dengan Festival Budaya Bukit Jatiwayang, ada juga di Kelurahan Krapyak dengan Grebeg Subali, Kelurahan Gisikdrono dengan Pementasan Wayang dan di Kelurahan Kalibanteng Kidul dengan Budaya Nyadran Suro di Makam Mbah Biyet.

Absa