Proses pembelajaran TK Tunas Rimba I di Kecamatan Rembang. Berlangsung suka cita dan gembira. Foto: Kudnadi Saputro Blora

\REMBANG (SUARABARU.ID) — Ketua Yayasan Taruna Rimba Perhutani (YTRP) Pusat, Ratna Ekawati yang didampingi Ketua YTRP Divre Jawa Tengah, Nuryati Ratmanto melakukan visitasi di sekolah Taman Kanak – Kanak (TK) Tunas Rimba I di Kecamatan Rembang,  TK Tunas Rimba II di Kecamatan Sale dan TK Tunas Rimba III di Kecamatan Sulang, Jumat, 15 September 2023.

Kedatangan Ratna Ekawati  disambut secara langsung oleh Ketua YTRP Mantingan dan jajaran pengurus lainya serta dewan guru dari TK Tunas Rimba.

Ketua YTRP Mantingan  Hj. Indah Marsaid menyampaikan bahwa TK yang di bawah naungan Yayasan YTRP perlu untuk mendapatkan support dari YTRP pusat mengingat persaingan untuk sekolah TK sekarang semakin banyak.

Sekitar tahun 1980 puluhan TK tunas rimba menjadi TK yang saat itu disegani dan menjadi sekolah terbaik waktu itu. Seiring dengan perubahan jaman sekolah TK Tunas Rimba tidak berubah dari bentuk gedung maupun sarana prasarana (Sarpras) yang sudah ada.

“Baru sekitar tahun 2020 kita dapat rehab pagar dan gapura pintu masuk yang dulu pintu masuk lewat selatan sekarang pintu masuk menghadap ke barat,” ungkap Hj. Indah Marsaid.

Lebih lanjut Hj. Indah Marsaid, menjelaskan bahwa jadi dari tampak depan sudah kelihatan bagus dan indah.

“Karena persaingan sekolah semakin banyak maka kami harus berkembang untuk lebih menarik menampilkan dalam cara pembelajaran dan juga tampilan area sekolah serta taman bermainnya,” kata Hj. Indah Marsaid.

“Jumlah siswa kita tiap tahun awal penerimaan TK 1, 2 dan 3 cukup stabil. Setiap tahun ajaran baru berkisar 20 sampai 35 siswa yang masuk sekolah kita,” imbuh Hj. Indah Marsaid.

Visitasi

Pada kesempatan itu, Ketua YTRP Pusat, Ratna Ekawati menyampaikan dan memberikan apresiasi kepada TK tunas Rimba yang ada di Mantingan, dilakukan visitasi ke Mantingan untuk memberikan support dan juga melihat secara langsung apa yang kurang dan perlu dipikirkan untuk tahun mendatang.

Agar TK Tunas Rimba yang ada di lingkup YTRP ini tidak ketinggalan dengan TK lain yang ada di Kabupaten Rembang.

“Perlu adanya inovasi dan perubahan dalam pembelajaran maupun prestasi harus dicetak lewat pembelajaran secara tekun dan berkelanjutan,” jelas Ratna Ekawati.

Mulai dari tampilan, lanjut Ratna Ekawati, sekolah, guru, anak didik untuk setiap mengikuti yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan harus dipersiapkan dengan baik.

“Kami akan mensupport untuk kemajuan sekolah TK di bawah naungan YTRP, agar tetap eksis dan dan menjadi sekolah tujuan orang tua,” tandas Ratna Ekawati.

Ditemui di Kantor Taman Kanak – Kanak, Kepala TK Tunas Rimba I Mantingan, Susana menyampaikan bahwa untuk kegiatan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan maupun instansi lain TK Tunas Rimba I tetap mengirimkan siswa dan siswi untuk mengikuti.

“Mulai dari lomba menggambar, mewarnai, sampai dengan karnafal TK yang baru berlangsung bulan Agustus 2023 kemarin,” ucap Susana. Senin, (18/9/2023).

Setelah diperbolehkan, lanjut Susana, pembelajaran dengan tatap muka kami langsung menata kembali pembelajaran dari daring menjadi luring dan tentunya TK Tunas Rimba I membutuhkan support dari orang tua, komite dan juga ketua Yayasan.

“Agar pembelajan yang kami lakukan lebih menarik dan menghasilkan siswa-siswi yang berprestasi di masa mendatang,” kata Susana kepada suarabaru.id.

Kudnadi Saputro