SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pohon kelapa yang seringkali ditemukan tumbuh di area pantai ini memang menjadi salah satu tanaman dengan sejuta manfaat. Bahkan, hampir semua bagian pohon kelapa bisa dimanfaatkan dan tidak hanya terbatas pada buahnya saja.

Buah kelapa juga dikenal salah satu jenis buah yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi dan kaya akan nutrisi penting yang bermanfaat untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh, seperti vitamin B, vitamin C, vitamin E, serta berbagai jenis mineral seperti zat besi, selenium, fosfor, kalium, zinc, dan magnesium.

Air kelapa diklaim mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasanya, air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal.

Baca Juga: Tips Memilih Kelapa yang Tepat Untuk Santan

Air kelapa hijau terdapat kandungan vitamin dan mikronutrien seperti ,tembaga ,mangan, dan selenium. Dengan senyawa itu bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh ,yang bisa mengatasi penyakit infeksi tidak mudah terjadi.

Bila dikonsumsi secara teratur, air kelapa mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Selain dimanfaatkan sebagai sumber makanan dan sumber air, ternyata air buah kelapa juga cukup bermanfaat dan dapat digunakan untuk berbagai hal. Dilansir dari Suara.com, berikut ini merupakan 3 manfaat lain dari air kelapa yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: 4 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil, Baik untuk Perkembangan Janin

1. Menangani Masalah Keracunan Ringan

Air kelapa dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah sebagai obat saat mengalami keracunan ringan. Melansir dari situs halodoc.com, air kelapa mengandung banyak mineral dan elektrolit yang dapat menanggulangi permasalahan medis akibat keracunan ringan. Umumnya orang yang mengalami keracunan akan kehilangan sejumlah elektorlit dalam tubuhnya.

Air kelapa inilah yang dapat digunakan sebagai pengganti cairan elektrolit yang hilang tersebut secara alami. Melansir dari artikel berjudul “The Truth About Coconut Water”, pemanfaatan air kelapa sebagai obat keracunan harus dibarengi dengan perawatan lainnya saat terjadi keracunan. Umumnya air kelapa akan diminumkan kepada korban keracunan dalam waktu tertentu guna membantu meringankan efek keracunan tersebut.

2. Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Air kelapa yang memiliki banyak kandunga vitamin dan mineral ternyata dapat digunakan sebagai masker wajah. Melansir dari situs alodokter.com, air kelapa yang kaya omega-3, kalium, magnesium dan asam amino dapat membantu mencerahkan dan menjaga kesehatan kulit wajar.

Baca Juga: Ini 6 Manfaatkan Air Kelapa untuk Kesehatan

Cara penggunaannya adalah dengan menjadikannya masker wajah tradisional. Kamu dapat membuat ramuan tersebut dengan mencampurkan timun yang dihaluskan, susu dan air kelapa. Aduk hingga merata dan pakai di area wajah lalu tunggu beberapa menit sebelum dibilas dengan air hangat atau air mengalir.

3. Digunakan Sebagai Pupuk Cair Organik

Kandungan kalium, magnesium, asam amino dan senyawa lainnya dalam air kelapa ternayata dapat digunakan untuk membantu menyuburkan tanaman. Melansir dari situs pertanian.uma.ac.id, air kelapa dapat digunakan sebagai pupuk cair organik yang ramah lingkungan.

Caranya dengan menyiapkan air kelapa tua sekitar 15-20 liter, bakterin probiotik dan sedikit cairan molase. Campurkan ketiga bahan tersebut dalam sebuah wadah yang cukup tertutup dan aduk hingga merata. Simpan cairan tersebut di area yang terlindung dari sinar matahari langsung selama 10-14 hari. Jangan lupa tetap aduk larutan tersebut minimal sehari sekali. Larutan tersebut siap digunakan sebagai pupuk saat sudah memasuki hari ke-11.

Nah, itulah beberapa manfaat lain dari air kelapa. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia