blank
Ilustrasi manfaat air kelapa untuk kesehatan. Foto: Dok/Alodokter

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Air kelapa tidak hanya sekadar untuk menghilangkan rasa haus, tetapi air kelapa juga baik untuk kesehatan tubuh.

Selain bisa mengatasi gejala dehidrasi ringan, konsumsi air kelapa dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Air kelapa kerap menjadi pilihan minuman yang dikonsumsi saat cuaca panas untuk melepas dahaga. Selain rasanya yang menyegarkan, air kelapa juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan.

Melansir dari Alodokter, air kelapa juga bisa menjadi salah satu pilihan minuman sehat setelah vaksinasi. Di dalam 1 cangkir atau sekitar 240 ml air kelapa murni, terkandung 46 kalori dan beragam nutrisi, seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin C, mineral, seperti magnesium, kalium, dan kalsium dan antioksidan.

Ragam manfaat air kelapa untuk kesehatan

Selain menghilangkan dahaga, air kelapa juga dapat memberikan beragam manfaat bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat air kelapa yang dapat kamu peroleh.

1. Meningkatkan stamina tubuh
Tak hanya memberikan efek menyegarkan, air kelapa juga dapat meningkatkan stamina tubuh. Hal ini berkat kandungan karbohidrat di dalam air kelapa yang dapat digunakan tubuh untuk menghasilkan energi, sehingga kamu bisa lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas.

2. Mencegah dehidrasi
Air kelapa juga kerap digunakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mengatasi dehidrasi ringan. Meski demikian, kamu tetap dianjurkan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya untuk mencegah dehidrasi.

3. Menjaga daya tahan tubuh
Air kelapa mengandung beragam antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Bahkan air kelapa ditambah dengan perasan jeruk nipis dipercaya sebagai minuman untuk menyembuhkan Covid-19. Meski demikian, manfaat air kelapa ini masih perlu dikaji lebih lanjut.

4. Menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung
Air kelapa dipercaya memiliki efek yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga dapat mengurangi penumpukan lemak yang menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung dan serangan jantung.

5. Mencegah penyakit batu ginjal
Sebuah studi menyebutkan bahwa air kelapa dapat mencegah penumpukan kristal yang menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Hal ini menjadikan air kelapa diyakini efektif untuk mencegah batu ginjal.

6. Menurunkan tekanan darah
Manfaat air kelapa diduga baik untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Hal ini karena air kelapa memiliki kandungan kalium yang terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada penderita darah tinggi.

Meski demikian, manfaat air kelapa untuk menurunkan tekanan darah ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Selain beragam manfaat air kelapa di atas, minuman ini juga dipercaya bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan. Salah satu khasiat air kelapa bagi pencernaan yaitu meredakan gejala asam lambung naik atau penyakit asam lambung.

Cara Mengonsumsi Air Kelapa yang Tepat

Untuk mendapatkan manfaat air kelapa secara maksimal, sebaiknya kamu mengkonsumsi air kelapa murni yang diperoleh langsung dari buah kelapa. Selain itu, kamu juga disarankan untuk tidak menambahkan gula atau pemanis buatan saat mengkonsumsinya.

Jika kamu mengkonsumsi air kelapa kemasan, pastikan kemasan tidak rusak dan perhatikan kembali kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Kebanyakan air kelapa kemasan sudah tidak lagi murni dan diberi perasa atau gula tambahan. Jika dikonsumsi secara berlebihan, tentu tidak baik bagi kesehatan.

Kamu bisa menyimpan air kelapa kemasan di dalam kulkas agar tetap terjaga kesegarannya. Namun, bila sudah dibuka, segera habiskan air kelapa kemasan tersebut setidaknya dalam waktu 24 jam.

Apabila kamu mengalami keluhan setelah mengkonsumsi air kelapa, seperti mual, muntah, sakit perut, atau diare, konsultasikan keluhan kamu ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan.

Ning Suparningsih