blank
Mak Ganjar dalam pelatihan pembuatan kerupuk gandum di Desa Robayan RT.01/RW.01, Kecamatan Kalinyamat, Kabupaten Jepara. Foto: Dok/Tim Humas

JEPARA (SUARABARU.ID) – Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Mak Ganjar memiliki cara unik untuk bisa memberdayakan masyarakat, khususnya ibu-ibu di wilayah, Jepara, Jawa Tengah.

Salah satunya dengan mengadakan pelatihan pembuatan kerupuk gandum. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Robayan RT.01/RW.01, Kecamatan Kalinyamat, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Jateng, Panca Susilowati mengatakan, kegiatan tersebut untuk melatih kemampuan emak-emak di desa Robayan untuk membuat kerupuk gandum.

Menurutnya, kerupuk gandum memiliki rasa yang gurih, sehingga banyak masyarakat yang menyukai camilan tersebut.

“Kami melatih ibu-ibu di sini agar mereka bisa membuat kerupuk gandum yang memiliki rasa gurih,” ujar Panca dalam siaran persnya, Jumat (8/9/2023).

Dalam kegiatan tersebut, emak-emak pendukung Ganjar Pranowo itu memberikan pemaparan mulai dari proses pembuatan, hingga cara menjemur kerupuk tersebut.

Dia berharap seusai pelatihan para peserta bisa kembali melakukannya di rumah. Sebab, jika diseriusi kerupuk bisa dijadikan lahan bisnis, sehingga dapat membantu ekonomi keluarga.

“Semoga bisa menambah wawasan dan ilmu. Dengan kegiatan ini emak-emak juga bisa membuka usaha, sehingga bisa menambah ekonomi keluarga,” ungkapnya.

Menurut Panca kegiatan tersebut mendapat sambutan positif dari masyarakat sekitar. Sebab, para peserta yang hadir semangat untuk mengikuti kegiatan itu.

“Antusias warganya sangat luar biasa. Mereka semuanya semangat mengikuti latihan ini,” kata dia.

Selain itu, Panca Susilowati juga memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (Capres) 2024 kepada masyarakat yang hadir dalam pelatihan ini.

Dia menyebut masyarakat ini akan selalu mendukung dan mendoakan pria berambut putih itu agar hajat tahun depan lancar.

“Dukungan dan doa selalu diberikan untuk Pak Ganjar Pranowo. Menang dan lancar Pilpres 2024,” tandas Panca.

Ning S