blank
Didampingi Camat Semarang Tengah Aniceto Magno Da Silva, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menggandeng masuk Mbah Mul, warga RT 02 RW 05 Kelurahan Pindrikan Lor Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang, ke rumahnya yang baru renovasi hasil Program Sedekah "Ndandani Omah", Jum'at (8/9/2023). Foto : Absa

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Inovasi program pemberdayaan masyarakat Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Sedekah Koin Jumat, yang diwujudkan dalam program bantuan “Ndandani Omah”, akan diprogramkan oleh Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu di seluruh kecamatan di Kota Semarang.

Karena menurut Wali Kota Semarang, anggaran koin yang dikumpulkan selama dua bulan lebih dan terkumpul sebanyak Rp 35 juta tersebut, sangat bermanfaat untuk pemberdayaan masyarakat, tidak hanya untuk Ndandani Omah (renovasi rumah), tapi juga untuk membantu difabel, stunting dan kebutuhan masyarakat yang mendadak, sebab jika mengandalkan APBD sangat ribet proses pencairannya.

“Kami akan melakukan untuk di seluruh (kecamatan) di Kota Semarang. Saya akan mencoba untuk membuat formulasinya seperti apa, sehingga nanti ini menjadi suatu gerakan yang sangat luar biasa,” ujar Ita, usai meresmikan rumah Mbah Mul warga RT 02 RW 05 Kelurahan Pendrikan Lor, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jumat siang (8/9/2023).

Wali Kota Semarang menilai, program Sedekah Koin Jumat yang diinisiasi oleh Camat Semarang Tengah Aniceto Magno Da Silva itu, merupakan program yang sangat luar biasa dan sangat membantu masyarakat, di luar anggaran belanja daerah (APBD), sehingga dapat mengurangi adanya warga miskin.

“Ini merupakan program yang sangat luar biasa. Sehingga bisa diimplementasikan di semua Kecamatan. Umpamanya setiap kecamatan bisa seperti ini, tidak ada namanya warga miskin, apalagi kemiskinan ekstrem. Karena dengan Jum’at bersedekah mengumpulkan koin, apalagi membangunnya dibantu TNI Polri, itu merupakan suatu kolaborasi memberdayakan masyarakat,” tegasnya.

Targetkan 30 Rumah

Camat Semarang Tengah Aniceto Magno Da Silva menyampaikan, jika program inovasi Sedekah Koin Jumat di wilayahnya itu, hingga bulan Desember 2023 mendatang ditargetkan akan merenovasi atau menjalankan program Ndandani Omah sebanyak 30 rumah.

“Program ini berkelanjutan. Ini baru tahap awal. Saya, Pak Danramil , Pak Kapolsek, Pak LPMK, Kita punya target 30 rumah sampai bulan Desember mendatang. Di 15 Kelurahan, dengan target 2 rumah di masing-masing kelurahan,” jelas Bang Amoy, sapaan akrabnya.

Dikatakan pula oleh Camat Semarang Tengah, bahwa program inisiasi Sedekah Koin Jumat yang dijalankan dua bulan terakhir ini, akan mempersilahkan Wali Kota Semarang untuk dapat di terapkan di setiap Kecamatan di Kota Semarang.

“Kalau program itu dinilai bagus, ya ditiru tidak apa-apa. Karena program Sedekah uang Koin itu bukan saja untuk membangun rumah, tapi juga untuk membantu anak sekolah. Karena orang tuanya tidak mampu, ya dengan uang koin anak itu kita bantu,” ungkapnya.

Selain masyarakat sipil, dari TNI Polri melalui Komandan Koramil 02 maupun Kepala Polsek Semarang Tengah, juga tiaonhari Jum’at mengumpulkan koin-koin untuk dikumpulkan di kantor Kecamatan Semarang Tengah.

Absa