blank
Pengkaderan Latihan Kader Utama (LAKUT).

JEPARA (SUARABARU.ID)- Korda/Korcab IPNU IPPNU Pati yang terdiri dari 7 PC yaitu Kudus, Jepara, Rembang, Lasem, Grobogan, dan Blora sukses mengadakan acara pengkaderan Latihan Kader Utama (LAKUT). LAKUT merupakan jenjang pengkaderan formal yang paling tertinggi di IPNU IPPNU. Dimana output dari pengkaderan ini adalah membentuk kader pemimpin organisasi dan memiliki kemampuan melakukan analisas sosial dan merancang gerakan sosial.

blank
Tema Be a Moderate and Sustainable Leaders.

Pelaksanaan kegiatan LAKUT ini berada di MTs Manba’ul A’laa Purwodadi, Grobogan. Yang diikuti sebanyak 46 peserta dari internal Korda/Korcab Pati maupun dari eksternal Korda/Korcab, dan dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus sampai 3 September 2023.

Kegiatan yang bertema “Be a Moderate and Sustainable Leaders” ini diharapkan para peserta dapat menjadi pemimpin yang moderat dan dapat melanjutkan perjuangan yang telah dicita-citakan organisasi IPNU IPPNU.

Setelah menerima bekal 12 materi yang disampaikan oleh beberapa narasumber yang berasal dari Pimpinan Pusat serta stakeholder, dilanjutkan dengan diskusi untuk pematangan materi dan diakhiri dengan peneguhan.

“LAKUT dan peneguhan ini berakhir bukan berarti perjuangan kalian juga berakhir, justru ini adalah awal pijakan baru untuk kalian berjuang lebih di IPNU IPPNU karena kalian akan menjadi seorang pemimpin.” ucap Ketua PW IPPNU Jawa Tengah Rekanita Dwi Sangita dalam pengukuhan LAKUT.

“Setelah kalian di baiat apakah kalian siap menjadi suri tauladan bagi masyarakat terutama bagi Pelajar IPNU IPPNU? Siapkan diri kalian, pantaskan diri kalian, berikan suri tauladan yang baik, karena kalian adalah pemimpin bagi masyarakat dan bangsa pada masa depan.” Sambung Rekan M. Irfan Khamid ketua PW IPNU Jawa Tengah.

Kaderisasi PP IPNU dan IPPNU yang diwakili Rekan Zainal Muttaqien juga memberikan arahan bahwa kader LAKUT adalah kader pilihan, dimana tidak semua orang bisa dengan mudah mengikuti pengkaderan akhir ini. Dengan itu para peserta diharapkan tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan ini, serta peserta harus mengamalkan apa yang telah didapatkan. Proses Pengukuhan ini berjalan dengan khidmah dan dihiasai dengan lilin yang mengitari peserta.

ua/balyan