blank
Ilustrasi kulit wajah yang berminyak. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kulit berminyak merupakan kondisi dimana kulit wajah menghasilkan terlalu banyak sebum, sehingga kulit terlihat lebih mengkilap dan berkilau. Pada dasarnya, sebum atau minyak berfungsi untuk menjaga kulit tetap lembap. Namun, minyak berlebih pada wajah justru akan memicu masalah kulit seperti jerawat.

Kulit berminyak seringkali menjadi salah satu masalah yang dikeluhkan oleh banyak orang. Bagaimana tidak, area tersebut terkadang bisa menurunkan rasa percaya diri, sebab wajah yang tampak mengkilap

Umumnya kulit berminyak punya pori-pori wajah yang besar, sehingga tekstur kulit terlihat kasar. Karena minyak membuat kotoran menempel dengan mudah, maka kulit mudah terlihat kotor dan kusam.

Baca Juga: Tips Memakai Produk Kecantikan yang Cocok untuk Kulit Kita

Penyebab kulit wajah berminyak ada beragam, seperti perubahan hormon, faktor genetik, usia, pola makan yang buruk, perubahan iklim atau udara. Jenis kulit wajah ini ditandai dengan adanya kilap pada wajah, terutama di zona T, yaitu dahi, hidung, dan dagu.

Oleh sebab itu, untuk menyiasatinya para wanita menggunakan kosmetik agar area yang mengkilap tersamarkan dan bahkan hilang. Namun, masalahnya kosmetik yang digunakan hanya bertahan beberapa jam saja, dan make up bisa saja luntur.

Oleh karena itu, yuk cari tahu bagaimana cara yang tepat memilih produk kosmetik yang cocok untuk kamu yang memiliki kulit berminyak seperti yang telah dilansir dari makeup.com serta klikdokter.com.

Baca Juga:Yuk Simak 5 Manfaat Air Mawar Bagi Kecantikan dan Kesehatan Kulit

1. Perhatikan kandungan produk

Pemilik kulit berminyak perlu lebih jeli terhadap produk kosmetik yang akan digunakan. Hal ini agar meminimalisir adanya jerawat atau masalah kulit lain yang ditimbulkan. Produk yang aman untuk kulit berminyak yakni berlabel oil free, non comedogenic, produk yang mengandung glycolic acid, serta bertekstur matte.

2. Pilih primer matte

Sebelum menggunakan kosmetik, kulit perlu dipersiapkan dengan menggunakan skincare serta primer. Hal ini bertujuan agar make up bertahan lama dan riasan tampak lebih sempurna.

Dalam pemilihan primer, pemilik kulit berminyak disarankan memilih yang matte. Primer membantu riasan agar lebih awet serta menyamarkan pori-pori. Aplikasikan primer pada area T-zone. Seperti dahi, hidung, serta dagu.

Baca Juga:Dapat Merawat Kecantikan Alamimu, Ini 5 Manfaat Tepung Maizena Untuk Perawatan Kulit dan Rambut

3. Perhatikan alas bedak serta bedak yang dipakai

Selain menentukan shade alas bedak serta bedak yang cocok untuk kulit, bagi kamu pemilik kulit berminyak perlu memilih alas bedak yang dapat meminimalkan minyak. Pilih alas bedak yang water based dan bersifat nonkomedogenik. Alas bedak seperti foundation yang water based, bisa meminimalisir timbulnya jerawat serta tidak meyumbat pori-pori.

Pemilihan bedak juga disarankan untuk menggunakan loose powder atau bedak tabur. Hindari juga bedak yang mengandung shimmer supaya kulitmu tidak tampak lebih mengkilap.

4. Pilih blush on matte

Produk kosmetik yang diaplikasikan pada kulit berminyak rentan mengalami luntur atau cenderung tidak awet. Salah satunya yakni produk blush on yang kamu gunakan ada baiknya bertuliskan matte ketimbang shimmer.

Baca Juga: Dapat Merawat Kecantikan Alamimu, Ini 5 Manfaat Tepung Maizena Untuk Perawatan Kulit dan Rambut

5. Aplikasikan setting spray mattifying dan tidak licin

Setting spray membantu mangunci riasan sehingga tampak lebih awet dan tidak cepat luntur. Nah, bagi kamu pemilik kulit berminyak usahakan memilih setting spray yang mampu mengontrol minyak, bebas kilap, membuat riasan tampak matte, dan tentu saja menjaga riasan agar tampak sempurna.

Itulah beberapa cara memilih produk kosmetik yang tepat untuk kulit berminyak. Perlu diperhatikan tidak semua produk cocok untuk semua orang bahkan yang memiliki jenis kulit yang sama. Oleh sebab itu, jika kamu belum puas dengan produk kosmetik yang kamu miliki, kamu bisa mengganti produk yang sesuai untuk kondisi kulit kamu. Semoga bermanfaat.

Claudia