blank
Ganjar berbincang dengan salah satu anggota Komunitas Truk Nusantara, dengan latar belakang lukisannya yang terpampang di bak truk. Foto: hms

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Kantor Gubernur Jawa Tengah, tempat dimana Ganjar Pranowo melakukan aktivitasnya, dikepung ratusan armada truk, Senin (4/9/2023). Bukan untuk demonstrasi, mereka justru ingin menobatkan politikus berambut putih itu sebagai ‘Bapak Truk Nusantara’.

Lebih dari 130 truk berkumpul di sepanjang Jalan Pahlawan, Semarang, sekitar pukul 14.15 WIB. Di bagian belakang bak truk, terlihat gambar wajah Ganjar Pranowo dengan berbagai pose, dan beragam quote yang dikutip dari pernyataan Ganjar.

Satu jam kemudian, ratusan sopir truk yang datang dari berbagai daerah di Jawa Timur, Jawa Barat dan Jateng itu, ditemui langsung oleh Ganjar. Gubernur Jateng dua periode itupun, menyapa satu-satu para sopir, sekaligus melihat truk yang terparkir rapi itu.

BACA JUGA: Data Juara Lomba Burung Berkicau Bupati Semarang Cup 1

Koordinator Aksi Kopdar Truk Nusantara, Om Irul Explor mengatakan, para sopir truk yang tergabung dalam Komunitas Truk Nusantara ini, sengaja datang ke Kantor Gubernur Jateng, untuk menyampaikan terima kasih kepada Ganjar, sekaligus menobatkannya sebagai ‘Bapak Truk Nusantara’.

”Sebenarnya sejak tahun lalu, teman-teman Komunitas Truk Nusantara ingin menobatkan Pak Ganjar sebagai Bapak Truk Nusantara. Karena Komunitas Truk Nusantara ingin punya bapak angkat, yang bisa melindungi dan mengayomi,” ungkapnya.

Menurutnya, penobatan itu bukan tanpa alasan. Ganjar dinilai berperan dalam membasmi pungutan liar (pungli) di jembatan timbang. Berkat keberanian Ganjar, para sopir truk kini bisa lebih nyaman dalam bekerja.

BACA JUGA: Hobi Menari Antarkan Lintang Keliling Eropa 

”Dari awal kepemimpinan Bapak Ganjar, sudah langsung membuat gebrakan. Tindakannya nyata, membasmi pungli di Jembatan Timbang Subah, Batang, dan itu luar biasa. Dampaknya, pungli semakin minim. Dan Pak Ganjar juga membuka layanan aduan, yang apabila ada pungli bisa lapor dan segera ditindak,” paparnya.

Sikap tegas dari Ganjar, bukan hanya berdampak pada sopir truk di Jateng, melainkan juga dari daerah lain di Indonesia.

””Maka, hari ini ada sekitar 125 sampai 130 truk datang ke sini, dan tiap truk rata-rata tiga orang. Ada dari Madura, Pacitan, Malang, Kuningan dan berbagai daerah di Jateng,” ungkapnya.

BACA JUGA: Lapas Semarang Gelar Orientasi Bersama Taruna, Perkuat Sinergi dengan Akpol

blank
Beberapa motif lukisan yang ada di bak truk, saat parkir di depan Kantor Gubernuran. Foto: hms

Irul berharap, ketegasan yang dilakukan Ganjar bisa dilanjutkan pemimpin Jateng berikutnya. Atau bahkan bisa dibawa ke tingkat Nasional, jika Ganjar menjadi Presiden di 2024 mendatang.

”Kami berharap, Pak Ganjar bisa menang jadi Presiden 2023, karena para sopir bisa nyaman, dan ketegasannya bisa dibawa ke Nasional,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar menceritakan, ada sopir truk di Jatim yang pernah viral di media sosial, setelah membagikan kisah tindakan tegas Ganjar saat memberantas praktik pungli di Jateng.

BACA JUGA: Puluhan Warga Tolak Perpanjangan Izin Tower BTS

”Dia menggambar wajah saya di bak truknya. Akhirnya saya ketemu dengan dia. Saya juga terinspirasi, kemudian membuat lomba lukis truk. Jadi sejak saat itu, saya sering komunikasi dengan supir truk ini. Beberapa kali mereka masih menyampaikan laporan ‘Pak di jembatan timbang ini masih ada pungli’,” tutur Ganjar.

Suami Siti Atikoh ini berharap, dari peristiwa jembatan timbang dan beberapa keluhan dari sopir truk itu, dapat membuat pemerintah bersikap lebih baik. ”Hal ini agar para sopir truk itu nyaman di jalan,” tandasnya.

Riyan