blank
Wakapolres Jepara Kompol Berry

JEPARA (SUARABARU.ID) – Polres Jepara resmi menggelar Operasi Kepolisian Kewilayahan Zebra Candi 2023, mulai hari ini, Senin (4/9/2023). Operasi akan berlangsung selama 14 hari atau dari tanggal 4 hingga 17 September 2023, serentak dilakukan di seluruh Indonesia

elaksanaan Operasi Zebra Candi 2023 Polres Jepara ini ditandai dengan Apel Gelar Pasukan di Lapangan Apel Mapolres Jepara yang dipimpin oleh Sekda Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko dan didampingi oleh Wakapolres Jepara Kompol Berry serta Kasdim 0719/Jepara Mayor Arm. Syarifuddin Widianto.

Saat dikonfirmasi setelah pelaksanaan apel, Kompol Berry yang mewakili Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menyampaikan, operasi ini bersifat cipta kondisi kamseltib menjelang pergelaran Operasi Mantap Brata 2023, sampai dengan 2024.

Sedangkan tujuannya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib patuh dan disiplin dalam berlalu lintas. “Karena itu saya tekankan kembali kepada seluruh jajaran pelaksanaan Operasi Zebra, jaga sikap dan nama baik institusi Polri,” ujar Kompol Berry

Ia juga minta jajarannya untuk menjalin koordinasi dan tingkatkan sinergitas lintas sektoral, sehingga setiap hambatan dalam pelaksanaan tugas dapat diatasi secara terpadu,” pintanya.

Sementara itu, Kasubsipenmas Sihumas Polres Jepara Ipda Basirun menambahkan, bahwa sejumlah pelanggar akan menjadi sasaran, salah satunya adalah pengendara yang menggunakan ponsel di jalan.

“Untuk beberapa macam target atau sasaran, yaitu pengendara yang menggunakan ponsel, pengendara yang masih di bawah umur, pengendara roda dua yang lebih berboncengan dari satu, pengendara roda empat yang tidak menggunakan sabuk pengaman, pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm SNI, pengendara motor dalam pengaruh alkohol, pengendara lawan arus dan melebihi batas kecepatan,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan tujuan utama dari Operasi Zebra Candi ini adalah keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas), dimana dalam pelaksanaan tugasnya lebih mengedepankan preemtif dan preventif.

“Operasi Zebra Candi Polres Jepara ini, kita tidak memfokuskan penegakan hukum, namun penegakan hukum akan dilakukan bila sangat terpaksa, selebihnya kita lakukan peneguran, preemtif dan preventif,” tuturnya.

“Untuk tujuan jangka panjang, Operasi Zebra Candi yang merupakan cipta kondisi ini juga untuk persiapan Pemilu serentak 2024, bagaimana kami dari Kepolisian memberikan kelancaran dalam Pemilu mendatang,” ujarnya.

Hadepe