blank
Ilustrasi kucing peliharaan. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kucing merupakan spesies mamalia karnivora kecil. Ini adalah satu-satunya spesies yang bisa dipelihara dalam keluarga Felidae, dan sering disebut sebagai kucing domestik untuk membedakannya dari jenis lain yang hidup liar. Seekor kucing bisa menjadi kucing rumah, kucing peternakan, atau kucing liar.

Ciri-ciri khusus kucing di antaranya memiliki penglihatan yang tajam, terutama saat di malam hari. Memiliki kemampuan untuk menarik kuku sehingga bisa berjualan dengan hening tanpa suara saat mendekati mangsa. Kaki kucing memiliki lapisan yang tebal serta empuk untuk menyembunyikan kuku.

Tak ayal, kucing seringkali dipercaya bisa menjadi sahabat yang setia. Sebuah penelitian menunjukan jika memelihara kucing mampu mengurangi stres dan kecemasan serta mendorong kita untuk ikut aktif bergerak dan beraktivitas fisik.

Baca Juga:Pecinta Kucing Wajin Tahu! Ini 6 Tips Memelihara Bulu Kucing Berwarna Putih Tetap Bersih dan Cantik

Memelihara kucing bukan hanya soal rasa cinta terhadap hewan, tetapi juga bisa meningkatkan kualitas hidup kita secara keseluruhan. Dilansir dari laman medicalnewstoday dan goodnet, berikut ini lima manfaat memelihara kucing bagi kesehatan manusia.

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Kehadiran kucing di rumah dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Berinteraksi dengan kucing, seperti membelai atau bermain bersama, dapat merangsang pelepasan endorfin yaitu hormon “bahagia” dalam tubuh kita. Ini membantu meredakan perasaan stres dan kecemasan sehingga kita merasa lebih tenang dan rileks.

2. Meningkatkan Kesehatan Mental

Memelihara kucing juga dapat berkontribusi pada kesehatan mental kita. Merawat hewan peliharaan memberikan rasa tanggung jawab dan tujuan hidup yang dapat mengurangi perasaan kesepian dan depresi. Kucing sering menjadi teman setia yang selalu ada di samping kita dan memberikan dukungan emosional saat dibutuhkan.

Baca Juga: Tips Meracik Pakan Kucing Agar Sehat dan Lincah

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa memelihara kucing dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Menyentuh dan bermain dengan kucing dapat meredakan tekanan darah dan mengurangi tingkat stres.

Hal tersebut dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, hanya mendengarkan suara kucing yang lembut saja bisa memberikan efek menenangkan pada sistem kardiovaskular kita.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kucing dikenal sebagai hewan yang tidur sebagian besar waktu. Keberadaan mereka di sekitar kita dapat menciptakan lingkungan yang tenang dan nyaman di rumah.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah Pilih, Ini 4 Tips Memilih Makanan yang Tepat untuk Kucing Kesayanganmu

Ini dapat membantu kita tidur lebih nyenyak di malam hari. Banyak pemilik kucing yang merasakan tidur mereka lebih baik setelah memelihara kucing.

5. Mengurangi Kecanduan Teknologi

Memelihara kucing juga dapat membantu mengurangi kecanduan terhadap teknologi. Alih-alih terpaku pada layar ponsel atau komputer, kita bisa menghabiskan waktu berinteraksi dengan kucing kita.

Ini membantu kita untuk lebih berada dalam momen dan mengurangi paparan terhadap radiasi elektromagnetik yang dihasilkan oleh perangkat elektronik.

Memelihara kucing bukan hanya menyenangkan, tetapi juga memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan manusia. Kucing adalah teman yang luar biasa untuk kesehatan fisik dan mental kita.

Jadi, jika Anda belum memiliki kucing, pertimbangkan untuk memberi mereka tempat di rumah Anda untuk mendapatkan manfaat-manfaat ini.

Claudia