JEPARA (SUARABARU.ID) – Masih dengan semangat kemerdekaan yang membara, dipenghujung bulan, tepatnya tanggal 30 sampai 31 Agustus 2023, KKG Gugus Sakura Dabin IV Kecamatan Welahan menggelar kegiatan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) serta Pemulihan dan Tranformasi Pembelajaran dengan sukses.

Bimtek dibuka oleh Ketua Dabin IV, Drs. Mawardi. Disela sambutannya, Ia berpesan agar kegiatan tersebut dapat diikuti dengan sebaik mungkin untuk meningkatkan profesionalisme guru.

Agenda hari pertama yaitu Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran dengan materi konsepsi Literasi, Bahan Bacaan Multimodal, Strategi Pemanfaatan Bacaan Multimodal untuk Penumbuhan Minat Baca serta Strategi Pemanfaatan Bacaan Multimodal dalam Pembelajaran dan Asesmen. Materi tersebut dipandu oleh dua narasumber hebat dari Kecamatan Welahan yaitu M. Khoriul Anam, S.Pd. dan Lusyana Sovia Anita, S.Pd.

Kegiatan dimulai dengan pretest seru melalui aplikasi quizizz. Peserta diajak mengerjakan soal yang berasa seperti bermain game. Dengan iringan musik yang makin membangkitkan semangat peserta. Hasil dari asesmen tersebut juga langsung dapat terlihat dan dievaluasi bersama.

Agenda demi agenda di hari pertama terus bergulir dengan cepat karena kegiatan yang dilakukan begitu asyik. Melalui diskusi kelompok dan presentas, semua peserta berperan aktif dalam kegiatan.

Memasuki hari kedua bimtek, diawali dengan pretest untuk mengetahui pengetahuan awal terkait materi hari itu yang juga dikemas dalam kuis melalui aplikasi quizizz. Disambung dengan agenda pertama yaitu Kebijakan kurikulum yang dipandu oleh Pengawas Dabin IV, Masfuát, S.Pd., M.M.

Disela-sela penyampaian materi, ia berpesan kepada peserta untuk dapat berfikir terbuka mengikuti perkembangan teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Kegiatan Bimtek semakin asyik memasuki agenda kedua yaitu Penyusunan KOSP yang dipandu oleh Ketua Dabin IV, Drs. Mawardi. Awal sesi, peserta di ajak untuk tepuk P5 mulai dari berdiri sampai memejamkan mata agar bisa hafal kepanjangan dari P5. Semua peserta sangat antusias mengikutinya.

Pemanfaatan Platform Teknologi untuk digitalisasi sekolah, Pengembangan Perangkat Ajar, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Asesmen Pembelajaran merupakan agenda terakhir di hari kedua. Dipandu secara berurutan oleh Doni Hermanto, S.Pd.SD, Indah Rusiati, S.Pd.SD, dan Ema Zulmatus Sarchiyyah, S.Pd. Ketiga pemandu tersebut merupakan Guru Penggerak di dabin tersebut. Mereka saling bersinergi untuk menyukseskan kegiatan.

Disela-sela sesi, pemandu menggunakan ice breaking agar peserta kembali fokus. Selain itu, penyampaian materi dibalut dengan kegiatan yang asyik dan seru. Melalui tanya jawab, menyanyi lagu CP dan Pelajar Pancasila, serta permainan menjawab pertanyaan benar salah dengan kegiatan motorik maju mundur cantik. Hasilnya materi bimtek tersampaikan dengan baik dan peserta bimtek tetap semangat sampai akhir kegiatan.

Di akhir sesi, peserta mengerjakan post test dengan reward kepada para pemenang kuis juara 1,2 dan 3. Usai kegiatan ditutup, peserta pulang dengan perasaan senang dan siap mengimplementasikan ilmu yang didapatkan dari bimtek tersebut di sekolah masing-masing.

Hadepe – Ema Zulmatus Sarchiyyah, S.Pd.