BOYOLALI (SUARABARU.ID) :Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan proses pembelajaran wajib bagi mahasiswa S1 Universitas Slamet Riyadi Surakarta melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan langkah penting dalam rangka memperkuat keterampilan mahasiswa serta memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. KKN PPM adalah program yang dijalankan oleh perguruan tinggi Universitas Slamet Riyadi Surakarta dengan tujuan utama untuk mengintegrasikan pendidikan dengan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan nyata di lapangan. Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Kelompok 29, Khoirunnisa’ dari Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,  mengajukan program kerja individu yang berbentuk infografis Pendataan Kependudukan, Pentingnya Sanitasi Untuk Mencegah Stunting, Serta Mengatasi Ekonomi Ekstrem Desa Senting.

Desa Senting merupakan salah satu dari Enam belas (16) Desa yang ada di Wilayah Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali dengan batas-batas Sebagai berikut : Sebelah utara (Desa Demangan, Kecamatan Sambi) Sebelah timur (Desa Sobokerto, Kecamatan Ngemplak) Sebelah Selatan (Desa Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak) Sebelah Barat (Desa Canden dan Desa Tempursari, Kecamatan Sambi) Dengan luas wilayah 2674,23 Ha/26,742 Km.

Kegiatan ini dilaksanakan  dan diserahkan pada tanggal 14 Agustus 2023 yang bertempat di Balai Desa Senting, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali. Hasil Infografis tersebut diserahkan dan diterima oleh Kepala Desa Senting, yaitu Bapak Suyoto secara langsung dan disaksikan oleh perangkat desa dan teman teman KKN. Pembuatan dan Pendataan Infografis Profil Desa Senting berisi tentang ulasan singkat tentang sejarah Desa Senting, letak geografis, data kependudukan, sarana dan prasarana, destinasi wisata, agama, umur, pekerjaan dan pendidikan yang ada di Desa Senting, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali.

Tujuan dari program kerja ini adalah agar masyarakat Desa Senting memperoleh gambaran informasi yang lebih jelas dan mudah dipahami. Selain itu guna memudahkan pemerintah desa untuk memetakan data informasi masyarakat yang ada di Desa Senting serta untuk memudahkan pemerintah kabupaten dalam pendataan statistik. Selain itu juga dapat mengetahui pentingnya sanitasi untuk mencegah stunting yang didalamnya berisi pengertian, penyebab stunting, dan 5 pilar sanitasi total berbasis masyarakat. Kemudian juga ada cara untuk mengatasi ekonomi ekstrem. Setelah diadakan program kerja ini diharapkan kepada masyarakat agar lebih mudah mengakses informasi yang ada di Desa Senting, sehingga pemerintah desa maupun masyarakat dapat mengetahui informasi apa saja yang ada di Desa Senting.