Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (bertopi) berada di tengah-tengah para siswa yang mengikuti Jumbara PMR di Bumi Perkemahan kompleks wisata bahari Pantai Pancer Door.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Ke-14 Tahun 2023 Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pacitan, Jatim digelar di Bumi Perkemahan Pancer Door. Lokasinya berada di kawasan wisata bahari pantai selatan.

Bagian Prokopoim Pemkab Pacitan, mengabarkan, pembukaannya dilakukan oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, Kamis sore (24/8). Jumbara Ke-14 ini, diikuti para anggota PMR dari jenjang Mula, Madya, dan tingkat Wira.

Dalam sambutannya, Bupati Indrata Nur Bayu Aji, mengatakan, kegiatan jumbara ini sangat penting bagi pembinaan dan pengembangan PMR. Untuk itu, kepada seluruh peserta, Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan), berharap tetap semangat dalam pelaksanaannya.

Kepada para peserta, Bupati berkata: ”Sebagai generasi muda calon pemimpin bangsa, jadikan kegiatan ini sebagai ajang mengasah keterampilan dan kapasitas diri.”

Event Jumbara, merupakan salah satu langkah pembinaan PMR yang meliputi pelatihan, pengembangan kapasitas, sekaligus sebagai ajang bertemu sesama anggota.

Juga menjadi ajang pembentukan karakter anggota PMR dalam penerapan ”Tri Darma PMR.” Jumbara, juga bertujuan mengevaluasi proses pembinaan PMR di sekolah, serta menyamakan persepsi dalam pengembangan kapasitas relawan.
Bambang Pur