Ilustrasi jamu beras kencur yang kaya manfaat. Foto: Pixels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Jamu merupakan obat tradisional dari rempah-rempah yang telah digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu. Hingga kini, jamu masih eksis dan sering dikonsumsi untuk menjaga kesehatan maupun mengobati beberapa kondisi medis. Selain memiliki banyak manfaat, harga jamu juga relatif terjangkau.

jamu dapat juga disebut sebagai obat herbal asli Indonesia yang diracik menggunakan bahan-bahan alami untuk menjaga kesehatan dan juga menyembuhkan penyakit. Bahan-bahan yang digunakan cukup mudah ditemukan di lingkungan seperti daun, rimpang, batang, buah, bunga, dan kulit batang.

Salah satu jamu yang biasanya disukai oleh masyarakat adalah jamu beras kencur yang terbuat dari rimpang kencur dan rendaman beras.

Baca Juga: Dapat Digunakan Sebagai Campuran Shampo, Ini 3 Manfaat Ampas Kopi

Dalam jamu beras kencur ini terdapat berbagai nutrisi vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh seperti di antaranya kalsium, kalium, fosfor, flavonoid, magnesium, seng, mangan, zat besi, vitamin B1, vitamin C, dan vitamin E.

Seperti dirangkum dari siloamhospitals.com, berikut ini adalah beberapa manfaat jamu beras kencur bagi kesehatan tubuh:

1. Meredakan Gejala Maag

Jamu beras kencur bisa meredakan gangguan pencernaan seperti maag. Hal ini karena di dalamnya terdapat senyawa antispasmodik dan antiradang yang dapat membantu meredakan gejala maag, seperti mual, muntah, dan perut kembung. Kemudian kandungan senyawa antiradang dalam beras kencur ini bisa digunakan untuk membantu meredakan sakit gigi.

Baca Juga: Cocok Dimakan Saat Cuaca Panas, Ini 5 Rekomendasi Buah Tropis yang Kaya Manfaat

2. Mengatasi Batuk Berdahak dan Hidung Tersumbat

Jamu beras kencur bisa mengurangi berbagai gejala flu seperti batuk berdahak dan hidung tersumbat. Hal ini karena dalam beras kencur terdapat senyawa yang bersifat antimukolitik, antiseptik, antiradang sehingga bisa mengatasi peradangan dan mengurangi kekentalan lendir serta dahak di dalam tenggorokan.

Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengetahui dosis dan cara kerja jamu beras kencur dalam mengatasi masalah kesehatan ini.

3. Mengatasi Jerawat

Dalam jamu beras kencur mengandung senyawa antiradang dan dengan mengonsumsinya bisa membantu meringankan jerawat yang meradang. Kemudian dalam beras kencur terdapat senyawa antioksidan, vitamin B1, vitamin C, serta vitamin E yang bisa membantu bekas jerawat pudar dan menjaga kesehatan kulit.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Beras kencur di dalamnya terkandung senyawa flavonoid yang bersifat antioksidan dan bisa melawan radikal bebas serta meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi jamu beras kencur disebut bisa membuat kalian lebih sehat dan jarang terserang penyakit.

Itulah tadi beberapa manfaat jamu beras kencur bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Claudia