Ilustrasi buah jeruk yang kaya manfaat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Saat musim panas tiba, panasnya matahari seringkali membuat tenggorokan terasa kering dan jadi mudah merasa haus. Karenanya, rasanya tidak lengkap jika belum menyantap yang segar-segar untuk sekedar melegakan dahaga.

Selain mengonsumsi minuman dingin, ternyata menyantap buah juga bisa dijadikan pilihan yang baik karena buah dinilai lebih sehat dan memberikan kesegaran alami bagi tubuh.

Dilansir dari Suara.com, di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis buah-buahan tropis yang kaya nutrisi dan sangat cocok dihidangkan untuk melengkapi vibes musim panas yang ceria.

Baca Juga: Ini 4 Tips Menyimpan Susu Kental Manis yang Perlu Kamu Tahu

Nah, berikut ini rekomendasi 5 buah tropis kaya manfaat yang bisa disantap untuk menemani momen musim panas kalian yang telah dilansir dari situs Alodokter.

1. Tomat

Buah yang sering dijadikan pelengkap untuk masakan ini ternyata memiliki khasiat besar untuk meningkatkan imunitas tubuh, lho. Tomat diketahui mengandung berbagai macam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh diantaranya vitamin C, zinc, dan fosfor.

2. Mangga

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki jenis mangga unggulan yang syarat akan nilai gizi tinggi. Jenis mangga yang paling jadi favorit orang-orang adalah mangga gadung, mangga madu, hingga mangga manalagi.

Nutrisi yang terkandung dalam buah satu ini tidak main-main, lho. Kandungan vitamin C yang tinggi sangat baik untuk meningkatkan daya tahan agar tubuh tidak gampang sakit.

Baca Juga: 3 Tips Mengatasi Noda Kuning pada Ketiak Baju

3. Pepaya

Pepaya dikenal sebagai buah tropis yang memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Mengonsumsi buah pepaya secara rutin bisa mencegah timbulnya masalah sembelit.

Selain kandungan vitamin C yang tinggi, pepaya juga memiliki kandungan magnesium dan folat yang membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

4. Jambu biji

Jambu biji diketahui memiliki kandungan vitamin C tertinggi dibanding buah-buahan tropis lainnya. Jika kalian ingin tetap sehat dan bugar selama musim panas, jangan lupa untuk menyantap jambu biji agar bisa merasakan manfaatnya secara langsung.

Baca Juga:Tips Membuat Aroma Ruangan Jadi Lebih Segar

5. Jeruk

Buah tropis terakhir yang selalu jadi primadona ketika musim panas tiba adalah buah jeruk. Selain memiliki kandungan air yang lumayan banyak, jeruk juga memiliki rasa yang segar ketika disantap. Apalagi saat siang hari dimana matahari sedang sangat terik.

Kalian bisa mengonsumsinya secara langsung atau diolah menjadi air jeruk peras maupun jus jeruk. Kandungan vitamin C dan zinc dalam buah jeruk telah terbukti mampu menangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Nah, itulah 5 buah tropis kaya nutrisi yang bisa kalian konsumsi saat musim panas tiba. Jangan lupa makan buah ya teman-teman!

Claudia