blank
Ilustrasi susu kental manis. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Susu kental manis atau disingkat SKM, dikenal juga sebagai susu kental manis merupakan susu sapi yang airnya dihilangkan dan ditambahkan gula, sehingga menghasilkan susu yang sangat manis rasanya dan dapat bertahan selama satu tahun bila tidak dibuka.

Satu saset SKM memiliki kandungan kalori sebesar 180 kkal dengan 67% karbohidrat (termasuk gula), 30% lemak, dan 3% protein.

Susu kental manis jadi salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, khususnya pada bagian kalori, karbohidrat, kalsium, dan vitamin. Rasa yang enak dapat meningkatkan berat badan dengan lebih nyaman.

Baca Juga: Tips Menghidupkan Ruangan Sempit Dengan Warna Cerah

Susu kental manis menjadi salah satu bahan makanan yang cukup diminati masyarakat. Agar susu kental yang kamu beli tidak mudah basi dan tetap segar meski sudah dibuka, kamu harus menyimpannya dengan cara yang tepat. Mau tahu bagaimana caranya? Yuk, simak 4 tips di bawah ini.

1. Simpan di tempat yang tepat

Simpanlah susu kental manis di tempat yang kering dan sejuk. Perlu diketahui bahwa suhu yang panas dapat mempengaruhi kualitas susu kental manis.

Selain itu, sebaiknya hindari menyimpan susu kental manis di tempat yang baunya menyengat. Ini dikarenakan susu kental manis mudah menyerap bau yang menyengat. Misalnya, bau bawang merah, bawang putih, petai, daging kambing, dan lainnya.

Baca Juga: Tips Mudah Merawat Tanaman Dalam Rumah

2. Simpan di dalam wadah yang tertutup rapat

Jika susu kental manis menggunakan kemasan kaleng, kamu bisa menaruh kaleng tersebut di dalam sebuah wadah yang tertutup rapat. Tapi, jika kemasannya menggunakan plastik yang sudah ada penutupnya, kamu tidak perlu repot lagi karena susunya sudah aman.

Menutup susu kental manis dengan rapat sangat penting untuk menghindari kontaminasi udara dan mencegah adanya semut.

3. Simpan di dalam kulkas

Jika kamu memiliki kulkas di rumah, sebaiknya simpan susu kental manis di dalam kulkas. Suhu rendah dalam kulkas akan membantu memperlambat pertumbuhan bakteri dan menjaga kesegaran susu kental manis.

Baca Juga: 8 Tips Mengatasi Kecanduan Bermain TikTok

Meskipun kamu menyimpannya di dalam kulkas, usahakan untuk menaruhnya di dalam sebuah yang tertutup, ya. Hal ini bertujuan untuk menghindari kontaminasi bau dan bakteri yang mungkin terdapat di dalam kulkas.

4. Setelah dibuka dari kemasan, jangan menyimpannya terlalu lama

Susu kental manis memiliki batas waktu penyimpanan yang terbatas. Jangan mengkonsumsi susu kental manis setelah melewati tanggal kedaluwarsa, karena dapat membahayakan kesehatan kamu.

Jika terlihat berubah warna, berbau asam, terdapat pertumbuhan jamur atau bintik-bintik aneh lainnya, sebaiknya buang susu kental manis tersebut. Ini mungkin terjadi karena kamu sudah terlalu lama menyimpannya.

Nah, itulah 4 tips mudah menyimpan susu kental manis agar tetap segar tahan lama. Semoga bermanfaat.

Claudia