ilustrasi noda kuning pada baju putih. Foto: Pixabay

SEMARAG (SUARABARU.ID)- Munculnya noda kuning pada ketiak baju memang menjadi masalah yang cukup sering ditemui. Noda kuning muncul sebagai akibat reaksi kimia, noda putih ini muncul karena produk yang Kamu gunakan memang mudah menempel dan meninggalkan bekas di pakaian.

Salah satu cara menghilangkan noda kuning di baju putih yang cukup efektif adalah menggunakan cuka putih dan garam. Selain pemutih, campuran soda kue, hidrogen peroksida, dan air juga dapat menghilangkan noda kuning pada pakaian.

Noda kuning juga akan semakin terlihat jelas pada baju berwarna putih. Parahnya lagi, noda yang menempel ini terbilang sulit untuk dibersihkan. Orang lain yang melihat noda tersebut juga akan menganggap Anda kurang memperhatikan kebersihan pakaian, sehingga bisa menurunkan kepercayaan diri.

Lantas, bagaimana cara mengatasi munculnya noda kuning pada ketiak baju? Simak pembahasan berikut.

1. Pilih Jenis Deodoran yang Tepat

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa noda kuning bisa terjadi akibat reaksi kimia antara protein, keringat, serta aluminium pada deodoran. Oleh sebab itu, Anda perlu memilih jenis deodoran dengan kadar aluminium yang tidak terlalu tinggi.

Biasanya produsen akan mencantumkan label “bebas noda” yang akan mempermudah Anda dalam memilih deodoran yang tepat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk antiperspiran yang bisa meminimalisir efek noda kuning tersebut.

2. Rutin Mencukur Bulu Ketiak

Semakin panjang atau lebat bulu ketiak Anda, semakin banyak pula keringat yang diproduksi setiap harinya. Selain itu, bulu ketiak juga bisa memperlambat penguapan keringat. Dampaknya, bakteri dan kuman akan lebih mudah menumpuk dan menghasilkan noda kuning.

Maka, cukurlah bulu ketiak Anda secara rutin, minimal 2 minggu sekali. Gunakan pula pencukur yang tepat, untuk menghindari iritasi pada kulit ketiak.

3. Bersihkan Noda Kuning dengan Tepat

Untuk menghilangkan noda kuning di ketiak baju ini, Anda tidak bisa melakukannya dengan cara mencuci biasa. Sebab, deterjen saja tak cukup kuat untuk mengangkat noda kuning yang membandel pada ketiak baju.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan, seperti pasta gigi, garam, amonia, air perasan lemon, cuka, soda kue, dan produk berbahan hidrogen peroksida untuk baju berwarna putih.

Selanjutnya, oleskan salah satu dari bahan-bahan di tersebut ke area noda kuning di ketiak baju. Lalu rendam baju dengan air hangat sampai noda kuning terangkat. Akan tetapi, Jika noda kuning masih tersisa, Anda bisa mengulangi lagi langkah-langkah di atas.

Pastikan Anda tidak mengeringkan atau memasukkan baju ke mesin pengering hingga noda tersebut benar-benar hilang seluruhnya.

Itulah tadi tiga cara mengatasi noda kuning pada ketiak baju, seperti dilansir pada laman cleaninginstitutes.org dan extension.illinois.edu, semoga bermanfaat!

Claudia