blank
Ketua DPD LDII Kebumen H Gunardi bersama peserta Upacarara HUT ke-78 RI di Ponpes Baitussyakur, Desa Kuwaru,Kecamatan Kuwarasan, Kamis 17/8.(Foto:SB/Komper Wardopo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Warga dan santri Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kebumen  pada peringata HUT Ke-78 RI (17/8) menggelar Upacara di kompleks Ponpok Pesantren (Ponpes)  Baitussyakur Desa Kuwaru, Kecamatan Kuwarasan.

Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI sekaligus pengibaran bendera Merah Purih itu bertindak sebagai Irup Ipda (Purn) H Gunardi selaku Ketua DPD LDII Kabupaten Kebumen. Sebagai Komandan Upacara Andi Choirul Huda SPd.

Adapun peserta upacara terdiri atas santriwan dan santriwati serta masyarakat umum Desa Kuwaru, Kuwarasan, Kebumen. Irup dalam sambutannya membacakan amanat tertulis Ketua DPRD Kebumen dalam rangka syukuran dan tirakatan HUT Ke 78 Kemerdekaan RI, 17Agustus 2023.

blank
Peserta upacara HUT Ke-78 RI di halaman Ponpes Baitussyakur Desa Kuwaru, Kecamatan Kuwarasan.(Foto:SB/Komper Wardopo)

Acara dilanjutkan resepsi HUT Ke- 78 RI di komplek Ponpes Baitussyakur, Desa Kurau, Kuwarasan Kebumen. Upacara berjalan lancar dan khidmad. Warga LDII dan santri mengenakan baju putih dan celana serta bawahan hitam.

H Gunardi menyatakan, NKRI yang lahir sejak 17 Agustgus 1945 harus tetap kita jaga. LDII selalu mengajak warga dan  generasi muda untuk terus merawat keutuhan dan persatuan.

“Walau pun kita sadari di Tanah Air Indonesia  banyak perbedaan suku, agama,  Ras dan Budaya  kita tetap menjaga keutuhan NKRI, dasar negara  Pancasila dan UUD 1945 sampai kapan pun,”tegas purnawirawan Polri yang lama bertugas  di Sat Intelkam Polres Kebumen itu.

blank
Pengibaran bendera Merah Putih Upacara HUT Ke-78 RI di Ponpes Baitussyakur Kuwaru, Kuwarasan Kebumen.(Foto:SB/Komper Wardopo)

Menurut Gunardi, selama ini DPD LDII Kebumen juga aktif melakukan pembinaan kepada umat serta  generasi muda melalui pengajian rutin untuk menanamkan pendidikan karakter dan akhlak mulia.

Dalam mewujudkan kerukunan antarumat beragama, pihaknya juga sering mengdakan silaturahmi  dan pertemuan tokoh lintas agama di Kebumen.

”Bersamaan Webinar Kebangsaan Jilid III LDII Provinsi Jateng akhir Juli lalu, kami juga mengadakan silaturahmi lintas agama dihadiri Kemenag Kebumen,”jelas Gunardi.

Komper Wardopo