blank
Ilustrasi ampas kopi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ampas kopi bisa menjadi solusi yang menjanjikan karena memiliki kandungan antioksidan dan kafeinnya yang tinggi. Studi menunjukkan bahwa produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan dan kafein dapat membantu mencegah munculnya penuaan dan mengurangi lingkaran di bawah mata.

Ampas kopi sudah pasti bisa didaur ulang menjadi beragam hal serba guna. Beberapa di antaranya adalah pengharum kamar mandi, pengharum mobil, penyegar pada lemari es, body scrub, pupuk untuk tanaman dan banyak lagi.

Ternyata ampas kopi juga dapat dimanfaatkan kembali daripada langsung dibuang begitu saja. Dilansir dari Suara.com,berikut 3 manfaat dari ampas sisa seduhan kopi yang bisa kamu daur ulang.

Baca Juga: Ini Minuman Sehat Pengganti Kopi yang Kamu Harus Tahu, yuk Simak!

1. Digunakan Sebagai Penyubur dan Pelindung Tanaman

Ampas sisa seduhan kopi yang umumnya akan langsung dibuang ternyata masih memiliki kandungan senyawa yang bisa digunakan sebagai pupuk. Melansir dari artikel berjudul “Tips Menggunakan Ampas Kopi untuk Penyubur tanaman” yang disadur dari situs ottencoffe.co.id, ampas kopi masih mengandung beberapa senyawa seperti zat besi, fosfor, magnesium, potassium dan beberapa mineral lainnya yang baik untuk menyuburkan tanah.

Selain itu, ampas sisa kopi juga dapat digunakan sebagai pengusir hama atau pestisida alami. Beberapa hama yang dapat ditangkal menggunakan ampas kopi adalah siput, kumbang dan beberapa jenis ulat. Cara penggunaannya adalah keringkan dahulu ampas kopi yang telah diperoleh. Kemudian taburkan ampas kopi tersebut ke atas tanah, lalu timbun kembali dengan tanah. Bisa pula dengan cara mencampurkan langsung tanah yang akan ditanami dengan ampas kopi.

2. Dipergunakan Sebagai Campuran Shampo

Manfaat lain dari ampas kopi adalah dapat digunakan untuk menyehatkan rambut. Melansir dari situs halodoc.com, ampas kopi ternyata bisa digunakan untuk campuran sampo dan sekaligus semir rambut secara alami. Umumnya orang-orang akan menggunakan ampas kopi untuk mengatasi permasalahan pemutihan di rambut atau istilahnya beruban.

Baca Juga:Tips Bikin Kopi Agar Matang Sempurna

Ampas kopi mengandung senyawa kafein yang dapat menghitamkan rambut secara alami. Cara ini umumnya dilakukan dengan menyampur sampo yang umum digunakan dengan sedikit ampas kopi ketika keramas. Cara lain adalah dengan menyampurkan serbuk ampas kopi yang telah dikeringkan dengan kondisioner dan oleskan merata di rambut. Tunggu selama kurang lebih 1 jam sebelum membilas rambut hingga bersih.

3. Dapat Digunakan Sebagai Masker Tradisional

Ampas sisa seduhan kopi ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai masker tradisional. Melansir dari sebuah artikel dalam jurnal “American Chemical Society”, ampas kopi ternyata memiliki banyak mineral yang dapat berperan sebagai antioksidan bagi kulit. Selain itu, kandungan vitam B3 yang banyak terdapat dalam ampas kopi juga dapat menangkal risiko dari kanker pada kulit.

Cara penggunaan ampas kopi untuk masker terbilang cukup mudah. Kamu dapat mencampurkan ampas kopi yang telah dikeringkan dengan sedikit susu dan air hangat. Lalu, ratakan masker tersebut ke bagian wajah dan diamkan selama beberapa saat. Kemudian, bilas dengan air mengalir atau air hangat. Kamu juga bisa menambahkan madu alami dalam larutan masker tersebut guna meregenerasi sel kulit mati pada wajah.

Nah, itulah beberapa manfaat dari ampas kopi yang bisa kamu gunakan untuk keperluan lainnya. Jadi, jangan langsung buang ampas kopi sisa seduhanmu ya!

Claudia