blank
Rektor Unsiq Jateng di Wonosobo Dr H Z Sukawi, MA saat memberikan penghargaan kepada wisudawan terbaik. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Universitas Sains Al Quran (Unsiq) Jawa Tengah mewisuda 1.294 lulusan dari program Diploma 3 (D3), Sarjana (S1) dan Pasca Sarjana (S2) di Gedung Poedjiharjo Kampus II Unsiq Krasak Mojotengah, Wonosobo, Selasa (22/8/2023).

Rektor Unsiq Dr H Z Sukawi MA, menyebut wisuda kali ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah, sejak perguruan tinggi berbasis pesantren dan tradisi Qurani itu, berdiri pada tahun 1988 lalu tersebut.

“Karena itu, pada wisuda Unsiq ke-45 tahun 2023 ini, harus dilaksanakan dalam dua gelombang. Tempat untuk wisuda terbatas, sehingga para lulusan harus bergantian wisuda dua hari secara berturut-turut di tempat yang sama,” ujarnya.

Di samping itu, pada wisuda kali ini cukup spesial. Sebab, wisuda dilakukan bertepatan dengan Dies Natalis Unsiq yang ke-35. Sejak berdiri tahun 1988 lalu hingga kini, Unsiq telah meluluskan ribuan ahli madya, sarjana dan pasca sarjana yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Pada wisuda hari ini, diikuti lulusan Fakultas Pasca Sarjana, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Komunikasi dan Sosial Politik dan Fakultas Ilmu Kesehatan. Rabu (23/8), besok lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Bahasa dan Sastra serta Fakultas Tehnik dan Ilmu Komputer.

Lulusan Terbaik

blank
Sejumlah lulusan Unsiq Jateng di Wonosobo yang mengikuti acara wisuda ke-45 tahun 2023. Foto : SB/Muharno Zarka

Dr H Z Sukawi, MA melaporkan, dari wisuda sebanyak itu, 774 di antaranya merupakan lulusan dengan predikat cumlaude (lulus istimewa) karena meraih indek prestasi kumulatif (IPK) di atas 5,50 bahkan banyak yang mencapai IPK di atas 3,90.

“Lulusan dengan predikat cumlaude tersebar di berbagai fakultas dan program studi yang ada di Unsiq. Namun paling banyak dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Ilmu Kesehatan,” katanya.

Adapun lulusan terbaik terdiri dari dua kategori, yakni lulusan terbaik akademik dan tahfidz. Lulusan terbaik akademik, yang meraih IPK tertinggi dari masing-masing fakultas. Sedang lulusan terbaik tahfidz merupakan penghafal Al Quran 30 juz.

Lulusan terbaik akademik diraih, Rifki Kurniawan (Pasca Sarjana), Nurul Arifah (FITK), Istikomah (FKSP), Devi Septiana (FSH), Tanasia Rahmawati Wibowo (Fikes), Febri Widyaningsih (FEB), Siti Zulfah (FBS) dan Arlinda Dwi Listiyana (Fastikom).

Sementara itu, lulusan terbaik tahfidz meliputi Indah Ni’matul Maula Alh (Pasca Sarjana), Nur Farida Laelatul Khusna Alh (FITK), Fatimatuz Zahra Alh (FSH), Zahrotun Nufus Alh (FEB), Syaeful Bahari Alh (FBS) dan Etik Triana Alh (Fikes).

Muharno Zarka