Pj Bupati Jepara dan Kapolres Jepara sesaat sebelum penanaman

JEPARA (SUARABARU.ID) – Polres Jepara menanam 1000 pohon di Pantai Bulak Baru Kecamatan Kedung sebagai daerah wisata yang tetap hijau dan sehat, Rabu (23/08/2023). Desa ini semula bernama desa Bulak dan kemudian tenggelam hingga pada tahun 1980-an seluruh penduduk desa di relokasi ke tempat yang sekarang dan kemudian bernama Desa Bulak Baru.

Penanaman pohon tersebut dipimpin Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setiawan yang dihadiri oleh Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta, Forkopimda, Forkopincam serta warga setempat.

Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setiawan penanaman pohon di inisiasi oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia.
“Sebanyak 2.500 pohon akan ditanam, di Pantai Bulak Baru sebanyak 1.000 pohon dan 1.500 lagi tersebar di seluruh Polsek yang ada di Kabupaten Jepara,” kata Wahyu.

Wahyu menjelaskan, ini upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan kita, apalagi saat ini sedang iklim elnino yang mengakibatkan terjadinya pemanasan global didunia.

“Ini merupakan kewajiban kita bersama untuk menjaga lingkungan,” jelasnya.

Pj Bupati Jepara dan Kapolres bersama Forkopimda Jepara

Ia berharap, masyarakat untuk bisa membantu merawat dan menjaga tanamam yang sudah ditanam agar tetap tumbuh.

“Saya titip kepada warga masyarakat untuk menjaga dan merawat tanaman yang sudah ditanam,” tegasnya.

Sementara itu Pj. Bupati Jepara mengapresiasi kegitan tersebut, menurutnya salah satu manfaat pohon yang di tanam di pesisir pantai untuk menahan abrasi dan gelombang pasang, sebab itu keberadaan pohon nanti mesti dijaga dan dirawat bersama agar tumbuh dengan baik.

“Penanaman pohon bakau dan cemara juga dapat mengurangi dampak pemanasan global serta bencana lainnya,” kata Edy.

Edy Supriyanta berharap, pohon yang ditanam tersebut dapat tumbuh besar dan bisa menjadi tanggul alami yang ada di wilayah Pantai Bulak Baru.

“Diharapkan ini dapat menjadi tanggul alami di pantai dan juga akan menambah pesona dan keindahan pantai Bulaka Baru.” pungkasnya

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemberian bantuan sosial berupa sembako sebanyak 100 paket kepada warga Desa Bulak Baru.

Hadepe