blank
ilustrasi mata kering. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Dry Eye (mata kering) atau sindrom mata kering merupakan kelainan multifaktorial dari tear film yang menimbulkan gejala berupa rasa tidak nyaman (nyeri, mengganjal, dan mudah iritasi), gangguan penglihatan dan ketidakstabilan lapisan air mata dengan potensi kerusakan di permukaan mata (kornea).

Air mata terdiri dari berbagai komposisi. Jika salah satu komponen air mata tersebut tidak cukup atau tidak diproduksi sama sekali, terutama minyak, air mata akan lebih cepat menguap. Hal ini menyebabkan mata menjadi cepat kering.

mata kering atau yang dikenal juga sebagai sindrom mata kering adalah kondisi yang sering dialami oleh banyak orang akibat kurangnya produksi air mata atau kualitas air mata yang buruk. Kondisi ini dapat menyebabkan mata terasa gatal, merah, terbakar, dan bahkan berdampak negatif pada penglihatan.

Baca Juga: Tips Mengurangi Kelelahan Pada Mata

Dilansir dari laman clevelandclinic dan mayoclinic, berikut adalah lima cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah ini.

1. Gunakan Tetes Mata

Pilihan pertama yang sebaiknya kamu coba adalah menggunakan tetes mata khusus yang dirancang untuk mengatasi mata kering.

Tetes mata ini mengandung bahan-bahan yang membantu menjaga kelembapan mata dan meredakan ketidaknyamanan. Pilihlah produk yang bebas dari pengawet atau bahan kimia yang berpotensi mengiritasi mata.

2. Kompres Mata

Metode sederhana namun efektif adalah dengan mengompres mata menggunakan kompres hangat. Basahi kain bersih dengan air hangat (tidak panas) dan letakkan di atas mata tertutup selama beberapa menit. Ini membantu merangsang produksi air mata alami dan mengurangi gejala mata kering.

Baca Juga: Tips Membersihkan Mata Dari Debu

3. Jaga Kelembapan Udara

Udara kering dapat memperburuk mata kering. Gunakan humidifier di dalam ruangan tempat Anda tinggal atau bekerja untuk menjaga kelembapan udara. Ini akan membantu mengurangi penguapan air mata dan menghindari mata kering yang lebih parah.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan kaya akan vitamin dan antioksidan seperti vitamin A, C, dan E dapat membantu menjaga kesehatan mata. Konsumsi makanan seperti wortel, brokoli, bayam, ikan berlemak, dan buah-buahan guna untuk mendukung kesehatan mata dan produksi air mata yang cukup.

5. Rutin Berkedip

Bekerja di depan layar komputer atau gadget dalam waktu lama dapat membuat mata lebih kering. Selama bekerja, usahakan untuk rajin berkedip agar mata tetap terhidrasi secara alami.

Selain itu, berikan istirahat pada mata dengan mengalihkan pandangan dari layar setiap 20-30 menit dan fokus pada objek yang jauh selama beberapa detik.

Mengatasi mata kering yang membandel memerlukan pendekatan yang komprehensif dan kesabaran. Cobalah berbagai metode di atas, namun tetap ingat bahwa setiap orang memiliki kondisi mata yang unik. Penting untuk memeriksakan mata secara berkala dan mendiskusikan solusi yang tepat dengan dokter mata.

Claudia