Sejumlah siswa SMAN 1 Kertek Wonosobo ketika mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan. Foto : SB/dok Humas SMAKer

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kertek Wonosobo Jawa Tengah melakukan screening (pemeriksaan) kesehatan pada peserta didiknya.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan petugas medis dari Puskesmas Kertek itu, digelar guna membiasakan hidup sehat bagi para siswa di lingkungan sekolah.

Secreening kesehatan pada siswa meliputi kegiatan aksi bergizi,
aktivitas fisik, sarapan bersama siswa, penyuluhan kesehatan dan konsumsi tablet tambah darah.

Selain itu, juga pemantauan kawasan tanpa rokok, screening perilaku merokok, pemeriksaan penyakit menular, kesehatan jiwa, penjaringan kesehatan mata, anemia dan penyakit tidak menular.

Kepala SMAN 1 Kertek Retno Herwanti mengatakan pembiasaan diri untuk aktivitas rutin sarapan pagi dan konsumsi tablet tambah darah (TTD) sangat baik bagi penciptaan kesehatan siswa.

Hidup Sehat

Siswa SMAN 1 Kertek Wonosobo mengikuti kegiatan penyuluhan kesehatan. Foto : SB/dok Humas SMAKer

“Kami mengucapkan terima kasih atas sosialisasi dari Puskesmas Kertek yang sangat bermanfaat bagi peserta didik. Diharapkan siswa dapat membiasakan hidup sehat dengan sarapan pagi dan minum vitamin tambah darah,” katanya.

Pengecekan kesehatan, lanjutnya, sangat bermanfaat bagi siswa agar terhindar dari penyakit anemia dan selalu sehat, jauh dari penyakit. Jika peserta didik dalam kondisi sehat dan stamina bagus, maka bisa mengikuti kegiatan belajar dengan baik.

“Kami juga berharap kegiatan pemeriksaan kesehatan yang baik dari Puskesmas Kertek tersebut, tidak hanya diperuntukkan bagi siswa tapi juga untuk guru dan karyawan SMAN 1 Kertek,” tandasnya.

Petugas medis dari Puskesmas Kertek Peni Dwi Astuti, SKM menyampaikan pemeriksaan kesehatan rutin bagi siswa harus dilakukan secara berkala. Hal itu, ditempuh untuk mengetahui kondisi kesehatan dari masing-masing siswa.

“Jika kondisi kesehatan siswa baik, maka sangat mendukung prestasi dan keberhasilan dalam mengikuti kegiatan belajar. Selain itu, juga sebagai ikhtiar untuk pembiasaan hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Muharno Zarka