blank
Sejumlah penari kipas sedang beraksi di atas panggung 'Keagungan Indonesia', yang dipentaskan di Taman Indonesia Kaya, Sabtu (199/8/2023). Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Program Director www.indonesiakaya.com, Renitasari Adrian mengatakan, dalam rangka memeriahkan HUT Ke-78 Republik Indonesia, pihaknya ikut menghadirkan Konser Kemerdekaan, dengan tema ‘Keagungan Indonesia’.

Konser yang dimeriahkan Gema Nusantara Pelajar Semarang ini, digelar di panggung Taman Indonesia Kaya, Jalan Menteri Soepeno, Semarang, Sabtu (19/8/2023), mulai pukul 19.30 WIB.

Menurut dia, memeriahkan Kemerdekaan Republik Indonesia dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengadakan sebuah pertunjukan seni, yang dapat meningkatkan semangat Nasionalisme.

BACA JUGA: Peran Besar Masyarakat dan Ulama bagi Pembangunan di Jateng

”Di akhir pekan ini, kami juga ingin memberikan wadah bagi para pelajar di Semarang, yang memiliki minat tinggi dalam dunia seni pertunjukan, untuk menghibur dan menambah wawasan tentang Indonesia kepada masyarakat,” kata Renitasari, dalam keterangannya di sela acara.

Gema Nusantara Pelajar Semarang sendiri, merupakan sebuah komunitas pelajar Semarang, yang didirikan sejak 2019 lalu, oleh Ester Dwi Winarni dan Eunike Dian Anggraheni.

Komunitas yang saat ini memiliki lebih dari 200 anggota itu, dibentuk untuk menjadi wadah berkumpulnya pelajar Semarang, yang memiliki talenta bermusik dan berkesenian untuk belajar bersama.

BACA JUGA: Pj Sekda Kota Tegal Launching Laboratorium Klinik Gawe Seneng

blank
Pentas ‘Keagungan Indonesia’, dibuka dengan sebuah tarian yang menggambarkan keindahan Nusantara. Foto: riyan

”Gema Nusantara Pelajar Semarang membawakan beberapa lagu, dengan diiringi gamelan dan juga tari tradisional. Dengan menggunakan pakaian khas Nusantara, Gema Nusantara Pelajar Semarang menyatukan musik dan tarian dalam nuansa kebudayaan Indonesia, dengan iringan anak-anak string Orchestra,” ungkap Ester didampingi Eunike, usai acara.

Selama kurang lebih 90 menit, penikmat seni yang memenuhi pelataran Taman Indonesia Kaya, dihibur dengan penampilan apik dari Gema Nusantara Pelajar Semarang, Mereka membawakan beberapa lagu, seperti Gambang Semarang, Lukisan Indonesia, Aku Indonesia, Oh Negeriku, Cinta Indonesia, Mahadaya Cinta, Merah Putih dan Hari Merdeka.

”Pentas ini menjadi sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan, karena selain dapat menghibur, kami juga dapat menyebarkan semangat nasionalisme kepada generasi muda di Semarang. Semoga penampilan kami dapat menginspirasi dan memberikan warna bagi perayaan HUT Republik Indonesia kali ini,” tukas Ester.

Riyan