blank
PERESMIAN - Pj Sekda Kota Tegal drg Agus Dwi Sulistyantono meresmikan Klinik Gawe Seneng dengan menggunting untaian bunga melati. (Foto: Sutrisno).
KOTA TEGAL (SUARABARU.ID) – Pj Sekda Kota Tegal, drg Agus Dwi Sulistyantono MM meresmikan Laboratorium Klinik Gawe Seneng RSUD Kardinah Kota Tegal sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat, Sabtu (19/8/2023).
Laboratorium Klinik Gawe Seneng RSUD Kardinah melayani pasien umum dan berlokasi berada satu area dengan Laboratorium PCR Drive Thru, Jalan AIP KS Tubun  Kota Tegal.
“Klinik ini hadir dengan pelayanan laboratorium klinik dengan peralatan lengkap, canggih dan mampu menganalisa secara otomatis (Auto Analyser), SDM yang professional (dokter Spesialis Patologi Klinik dan 18 orang Pranata Laboratorium) mampu menghasilkan pemeriksaan dengan tingkat akurasi yang tinggi,” kata Pj Sekda Agus.
Keluaran hasil pemeriksaan laboratorium dengan akurasi tinggi sangat berguna bagi ketepatan diagnosa dan menentukan tindakan lanjutan yang tepat, bagi masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan atau tindakan medis.
Ada Laboratorium Mikrobiologi,  laboratorium kesehatan yang melaksanakan pemeriksaan spesimen klinik khususnya bakteri, jamur dan virus untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan perorangan terutama untuk menunjang upaya diagnostic penyakit, penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan. “Pemeriksaan laboratorium mikrobiologi ini meliputi pemeriksaan mikroskopik, kultur, identifikasi bakteri, jamur, virus dan uji kepekaan antibiotic,” terang Agus.
Laboratorium Patologi Anatomi merupakan cabang ilmu kedokteran yang berkaitan dengan penegakan diagnosis suatu penyakit, melalui pemeriksaan berupa cairan dan jaringan organ yang didapat dari bipsi jarum halus, biopsy atau operasi.
Jenis pemeriksaan Patologi Anatomi seperti pemeriksaan makroskopis, pemeriksaan jaringan yang sakit dengan melihat secara langsung (cara visual) dan akan dipilih jaringan yang akan diperiksa.
Pemeriksaan mikroskopis, pemeriksaan jaringan yang telah diwarnai dengan teknik Histopatologis dan dilihat dengan menggunakan mikroskop. Imunoshistokimia, pemeriksaan yang menggunakan antibody sebagai alat bantu untuk menentukan terapi yang paling tepat. Sito patologi, pemeriksaan dari sel-sel lepas yang berasal dari cairan tubuh, diwarnai pada slide dengan teknik Sitologi. Radiologi sebagai sarana penunjang medis diagnostic yang begitu vital dalam membantu menegakkan diagnosa.
Pemeriksaan Radiografi dengan Kontras Traktus Urinarius (IVP, Uretrografi, Uretrocystografi, RFG, APG, HSG). Traktus Digestivus (Bariu Meal, OMD/MD, Oesopagogram, Collon In Loop, Lapografi). “Klinik ini dibuka Senin – Sabtu dari pukul 07.00-21.00 WIB,” tutup Agus.
Sutrisno