blank
Ilustrasi buah semangka yang cocok dikonsumsi saat musim panas. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Musim panas seperti sekarang ini membuat tubuh mudah untuk diserang dehidrasi.Dehidrasi ringan, sedang dan parah merupakan macam macam dehidrasi dan tanda tandanya adalah kelelahan, diare hingga tidak sadarkan diri. Dehidrasi merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan air dan cairan sehingga tidak dapat berfungsi dengan normal.

Selain minum air, konsumsi makanan untuk mengatasi dehidrasi juga dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Pilihannya pun sangat beragam, mulai dari semangka, melon, hingga mentimun. Sebagian orang masih menganggap dehidrasi sebagai rasa haus biasa atau sekadar lemas.

Dilansir dari Suara.com selain itu, kamu juga dapat menyuplai lebih banyak cairan pada tubuh dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kadar air tinggi.

Baca Juga: Ini 4 Tips Menyimpan Susu Kental Manis yang Perlu Kamu Tahu

Dilansir dari laman The Healthy, berikut beberapa buah dan sayuran yang cocok untuk mencegah dehidrasi di masa kemarau. Simak ya:

1. Semangka

Mengonsumsi buah-buahan di kala musim panas dan kemarau adalah hal terbaik untuk mencegah dehidrasi. Semua buah pada dasarnya mengandung kandungan air yang tinggi. Namu buah semangka memiliki presentase yang lebih tinggi daripada buah yang lain.

Selain terasa segar di lidah, semangka memiliki penampilan yang menarik karena daging buahnya yang berwarna merah dan kuning. Daging buah semangka pun mudah untuk dikunyah bagi manusia dewasa serta anak-anak sehingga menjadikan semangka adalah sajian yang tepat untuk keluarga.

Baca Juga: Tips Menghidupkan Ruangan Sempit Dengan Warna Cerah

2. Jeruk

Jeruk terdiri dari macam-macam jenis. Terdapat jeruk bali, jeruk keprok, jeruk mandarin yang menyajikan penampilan yang berbeda-beda namun dengan buliran rasa yang sama.

Jeruk memiliki rasa segar yang pas diolah sebagai minuman atau cemilan pencuci mulut. Rasanya yang manis memanjakan lidah untuk terus dikonsumsi. Jeruk pun dapat digunakan sebagai campuran minuman infused water.

3. Strawberry

Buah mungil berwarna merah ini umumnya tumbuh di daerah yang dingin dekat dengan pegunungan. Namun, seiring berjalannya waktu penjualan strawberry pun memasuki kota-kota dan daerah yang umumnya berhawa panas dan kering terlebih pada musim kemarau.

Baca Juga: Tips Merawat Rambut Rusak

Strawberry mengandung setidaknya 75% air di dalam buahnya. Buah strawberry nikmat dijadikan cemilan maupun minuman jus untuk dikonsumsi. Variasi lain yang dapat dicoba untuk buah strawberry adalah sajian smoothies.

4. Selada

Selada merupakan sayuran yang umumnya ditemui sebagai teman untuk makan salad buah. Selada memiliki rasa yang segar dan renyah saat digigit sehingga enak untuk disantap bersama buah-buahan secara langsung maupun saat diubah menjadi sajian.

Selada pun cocok untuk dijadikan sayur pelengkap saat makan lalapan. Konsumsi selada dengan rutin akan mengurangi peluang dehidrasi sebab kandungan air dalam selada yang menyamai strawberry yaitu sekitar 75% air.

Demikian beberapa buah dan sayuran yang baik dikonsumsi guna mencegah dehidrasi. Ingatlah untuk mengonsumsi air secara rutin karena sumber pencegahan dehidrasi yang terbaik berasal dari air. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Claudia