blank
Upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan RI, digelar di Makodim 0728 Wonogiri, dengan inspektur Kasdim Mayor (Inf) Iman Maulana Sirod.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023, Kamis pagi (17/8), digelar di Halaman Makodim 0728 Wonogiri.

Tampil menjadi Inspektur Upacara, Kasdim Mayor (Inf) Iman Maulana Sirod. Sebagai Inspektur Upacara, kasdim, membacakan amanat tertulis Panlima TNI Laksamana Yudo Margono. Disebutkan, peringatan HUT Kemerdekaan, hakikatnya merupakan bentuk penghormatan kepada para pejuang pendiri negeri.

Mereka, tandasnya, adalah pahlawan sejati, yang telah memberikan segalanya melampaui dari apa yang seharus diberikan. Kita, harus mewarisi tradisi nilai-nilai perjuangan serta melanjutkannya untuk mengisi kemerdekaan.

TNI harus menjadi perekat kemajemukan bangsa, karena TNI menjadi garda terdepan dalam menjaga kerukunan, toleransi dan ke-Bhineka-an. Sehingga bangsa Indonesia tetap menjadi bangsa yang utuh dan tangguh.

Mapolres

Dalam kesempatan terpisah, Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo, menyatakan, Kamis pagi (17/8), upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023, juga dilaksanakan di Halaman Mapolres Wonogiri.

blank
Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (kanan) tampil menjadi Inspektur Upacara pengibaran bendera peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI yang digelar di halaman Mapolres Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah tampil menjadi Inspektur Upacara. Perwira Upacara dipercayakan kepada Kabagren, Kompol Teguh Sujadi, Komandan Upacara dilaksanakan oleh Iptu Pudiyono.

Upacara diikuti oleh seluruh Pejabat Utama (PJU) bersama anggota Polres Wonogiri. Disebutkan, peringatan HUT Kemerdekaan RI, menjadi momentum yang tepat untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan, yang telah gugur dan rela berkorban demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Momentum ini, menumbuhkembangkan jiwa nasionalisme dan semangat patriotisme. Termasuk jajaran Kepolisian, jiwa dan semangat itu harus melekat.

Lebih dari itu, insan Polri harus bisa meneladani sikap patriotik dan cinta Tanah Air, yang diimplementasikan melalui sikap dan perbuatan yang mencerminkan keteladanan, profesionalisme kerja, dan selalu memberikan pengabdian terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara.
Bambang Pur