blank
Dengan penerangan obor, Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto, Kamis dinihari (17/8), tampil memimpin apel dan renungan suci di TMP Kusuma Bangsa.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pahlawan yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa, Mojoroto, Wonobooyo, Wonogiri, berjumlah sebanyak 106. Perinciannya, 83 pahlawan dari TNI, 21 pejuang rakyat dan 2 pahlawan yang tidak dikenali nama dan identitasnya.

Jumlah pahlawan yang dimakamkan di TMP Kusuma Bangsa tersebut, diungkapkan Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto. Saat orang nomor satu di jajaran TNI Wonogiri itu, Kamis dinihari (17/8), tampil menjadi inspektur uapacara  pada apel kehormatan dan renungan suci dalam rangka memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, ikut hadir dalam acara renungan suci itu, Bupati Joko Sutopo, Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, Wakil Bupati (Wabup) Setyo Sukarno, Sekda Haryono, Kasdim Mayor (Inf) Iman Maulana Sirod dan segenap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pasukan peserta apel terdiri atas masing-masing satu Peleton Perwira TNI/Polri,  Peleton anggota Kodim 0728/Wonogiri,  Peleton Polres Wonogiri, Peleton Pelajar dan Peleton Linmas.

Api Obor

Renungan suci dimulai Pukul 00.00 wib, diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, dirangkai pembacaan teks kehormatan oleh inspektur upacara, dan dilanjutkan mengheningkan cipta.

”Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa “, tandas Dandim.

Kami bersumpah dan berjanji, tandas Dandim, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula, jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima Tuhan Yang Maha Esa dan mendapat tempat yang sewajarnya.

Renungan suci berlangsung lancar, meski hanya diterangi cahaya api obor. Suasana gelapnya malam, menambah suasana khidmat.

Bambang Pur