blank
Ka Mabiran Ambal Kebumen Bambang Budi Sanyoto menjadi Pembina Upacara peringatan Hari Pramuka 2023 di halaman SMPN 1 Ambal, Senin 14/8.(Foto:SB/Hms SMPN 1 Ambal)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Upacara peringatan Hari Pramuka ke-62 di wilayah Kwartir Ranting (Kwaran) Ambal, Kabupaten Kebumen, berlangsung di halaman SMP N 1 Ambal di Jalan Daendels Senin (14/8).

Upacara dipimpin oleh Ka Mabiran Ambal Bambang Budi Sanyoto yang juga Camat Ambal, berjalan tertib dan khidmad.

Dalam pidatonya dia membacakan pesan-pesan dari Ketua Kwartir Nasional  Gerakan Pramuka Komjen (Purn) Drs Budi Waseso yang menyampaikan pada tahun 2023 ini bersamaan Gerakan Kepanduan yang ke-111 tahun.

Gerakan Kepanduan di Indonesia sudah ada sejak tahun 1912. sehingga tema tahun ini adalah “Dengan Peringatan Hari Pramuka Ke-62 ini Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan.”

Bambang Budi menyatakan, untuk tahun ini peringatan Hari Pramuka di wilayah Kwartir Ambal diharapkan meningkatkan sinergitas DKR Ambal dengan memanfaatkan fasilitas umum seperti Pendapa Kecamatan Ambal untuk kegiatan-kegiatan Kepramukaan sebagai wahana pendidikan karakter dan menanamkan nasionalisme.

blank
Peserta mengikuti Upacara Peringatan Hari Pramuka 2023 di halaman SMPN1 Ambal, Senin 14/8.(Foto:SB/Hms SMPN 1 Ambal)

Sementara Ketua Kwaran Ambal Kak Rini Suprihatiningsih SPd. MPd sangat berterima kasih pada Forkopincam selaku Mabiran yang telah mendukung dalam persiapan dan pelaksanaan Upacara Hari Pramuka 2023.

Ketua Kwaran menyampaikan, untuk program kegiatan Perkemahan Pramuka Kwaran Ambal dilaksanakan secara rutin dua tahun sekali. Tahun ini secara kebetulan sesuai dengan Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen di bulan November akan ada Perkemahan Wisata secara bersama-sama dari Siaga, Penggalang, dan Penegak. Pelaksanaan kemah wisata di tempatkan di 7 lokasi wisata di Kabupaten Kebumen.

Kak Rini menyatakan pula bahwa peningkatan kegiatan pelatihan-pelatihan di satuan Gugus Depan akan digiatkan kembali. Hal tersebut untuk menanamkan jiwa kebangsaan, taat pada Tuhan dan memupuk rasa patriotisme.

“Dengan Pendidikan Pramuka maka pelaksanaan pendidikan yang berbasis Kurikulum Merdeka dengan P5 nya, akan lebih mudah tercapai sehingga Pendidikan Pancasila akan lebih cepat terwujud pada peserta didik,”imbuh Kak Rini.

Kepala SMPN 1 Ambal Dra Murilah SPd mengucapkan terima kasih, Gudep SMPN 1 Ambal dipercaya untuk lokasi Upacara Hari Pramuka ke-62 di tahun 2023.

Murilah mengungkapkan, peserta upacara kali ini istimewa, karena salah satu peserta didik ada yang berkebutuhan khusus/disabilitas yang kesehariannya menggunakan kursi roda.”Semoga hal ini bisa memberikan dorongan semangat untuk teman-teman lainnya,”imbuh Murilah.

Komper Wardopo